Zaki Ajak Delegasi PNLG Lihat Langsung Kawasan Ketapang Urban Aquaculture

oleh -
Zaki Ajak Delegasi PNLG Lihat Langsung Kawasan Ketapang Urban Aquaculture
Zaki memperkenalkan kawasan konservasi mangrove dan ekowisata akuakultur kepada delegasi PNLG.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar bersama delegasi kepala daerah Negara Asia Timur mengunjungi Ketapang Urban Aquaculture di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Jumat (28/10/2022).

Kunjungan ke Ketapang Urban Aquaculture itu adalah agenda terakhir dalam kegiatan Partnerships in Environmental Management for The Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) Meeting Summit 2022.

Dalam kesempatan itu, Zaki memperkenalkan kawasan konservasi mangrove dan ekowisata akuakultur kepada delegasi sebagai keberhasilan program pemerintah daerah dalam membangun desa yang berada di pesisir.

“Tangerang bisa dipilih sebagai lokasi perayaan ini karena Desa Ketapang menjadi percontohan pembangunan desa pesisir, di Indonesia dan Asia Timur. Sehingga, Desa Ketapang saat ini menjadi ikon internasional,” kata Zaki.

BACA JUGA: Kunjungi PIK 2, Zaki Tunjukkan Pengelolaan Pesisir ke Delegasi PNLG

Zaki menjelaskan kawasan konservasi mangrove dan ekowisata Aquaculture Ketapang Kabupaten Tangerang, dahulunya adalah kawasan kumuh dan kotor. Namun kini, Ketapang menjadi ikon baru dengan gebrakan program Gerakan Membangun Masyarakat Pesisir (Gerbang Mapan) yang dimulai pada tahun 2015.

Kini, telah terlihat hasil penataan wilayah pesisir seluas 51,2 km itu. Bahkan, atas keberhasilan itu, saat ini banyak lembaga, pemerintah lokal dan internasional yang mengadopsi program unggulan penataan kawasan pesisir ini untuk dilaksanakan di wilayahnya masing-masing.

“Kawasan konservasi mangrove dan ekowisata Akuakultur Ketapang di Kabupaten Tangerang, berubah dari kawasan yang sebelumnya kumuh dan kotor. Justru sekarang menjadi tempat penyelenggaraan event internasional PNLG Forum 2022,” ucapnya.

Diketahui, atas keberhasilan mentransformasi kawasan pesisir tersebut, membuat Zaki dipercaya menjabat sebagai Vice President Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) yang terdiri dari 11 negara.(Deri/Difa)