Wow Hari Ini, Usia Kabupaten Tangerang Menua Mendadak Hingga 312 Tahun, Ini Alasannya!

  • Whatsapp
Ptung Tigaraksa
Patung Tigaraksa sebagai penanda berdirinya Kabupaten Tangerang/Istimewa.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Perayaan hari ulang tahun biasanya dijadikan sebagai penanda jika usia kita telah bertambah 1 tahun tahun. Namun tidak di perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tangerang yang digelar pada tahun 2020 ini. Selain berubah tanggal dan bulannya, usia kabupaten Tangerang mendadak bertambah hingga 312 tahun. Nah Loh, kok bisa. Ini penjelasannya!

Jika dilihat perayaan HUT Kabupaten Tangerang yang digelar 27 Desember tahun lalu, disitu disebutkan jika usia Kabupaten Tangerang berusia 76 tahun. Namun di perayaan HUT Kabupaten Tangerang 13 Oktober 2020, tertulis jika kota dengan julukan seribu satu industri ini telah genap berusia 388 tahun atau menua mendadak hingga 312 tahun 

Bacaan Lainnya

Alasan bertambahnya usia Kabupaten Tangerang hingga lebih dari tiga abad tersebut diutarakan dalam Sekilas Sejarah terbentuknya Kabupaten Tangerang yang dibacakan Tokoh Pemuda Berprestasi Pertukaran Pelajar Kabupaten Tangerang Ananda Dwi Saleha dan Dede Zulijaz secara virtual di acara Rapat Paripurna DPRD dalam rangka hari jadi Kabupaten Tangerang, (13/10/2020).  

Perubahan tanggal, bulan dan usia tersebut disebabkan para sejarawan menemukan fakta baru jika wilayah Tangerang sudah ada sejak tahun 1632 silam dengan nama Pemerintahan kesultanan Lengkong. 

Dituturkan keduanya, jika pada 13 Oktober tahun 1632 Sultan Banten kala itu memerintahkan kepada tiga arya yakni Arya Wangsakara, Arya Jaya Sentika, dan Arya Maulana Yudhanegara, membuka perkampungan baru di antara Sungai Cisadane dan Cidurian, maka terbentuklah Kesultanan Lengkong Sumedang dengan Arya Wangsakara sebagai sultannya dengan nama Sultan Lengkong. 

“Titi mangsa ini ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Tangerang yang kemudian disahkan dalam Perda Nomor 2 tahun 2020 tentang Hari Jadi Kabupaten Tangerang,” tutur Dede Zulijaz.

Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Kholid Ismail mengatakan, jika peringatan hari jadi Kabupaten Tangerang kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kata Kholid, jika pada tanggal 27 Desember 2020 lalu diperingati hari jadi Kabupaten Tangerang ke 76, maka setelah dilakukan penelitian,  telah ditemukan fakta sejarah yang diyakini kebenarannya bahwa Kabupaten Tangerang terbentuk pada tanggal 13 Oktober 1632 dan saat ini sudah berusia 388 tahun. 

“Kabupaten Tangerang telah menemukan kembali rantai sejarah yang sejatinya menjadi terbentuknya Kabupaten Tangerang yang kita cintai ini,” ujar Kholid disela-sela sambutannya 

Sementara, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menjelaskan keputusan  tanggal HUT Kabupaten Tangerang ini sudah melalui penelitian. Menurut Zaki. setelah diubah ke tahun masehi, hari terbentuknya Kabupaten Tangerang menjadi 13 Oktober 1683. Artinya, pada tahun 2020, Kabupaten Tangerang akan berusia 338 tahun.

Zaki menjelaskan, Kabupaten Tangerang dulunya dibentuk agar VOC dari Batavia tidak langsung menyerang ke Serang. Sejak saat itulah Kabupaten Tangerang lahir dan berdiri menjadi suatu wilayah sendiri.

“Kalaupun ke Serang, dia perang dulu di sini,” kata Zaki

Dalam kesempatan ini juga Zaki, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Kabupaten Tangerang,  atas dukungan kepada pemerintah daerah terutama dalam program pembangunan yang tentu saja menjadi semangat pemda untuk terus bahu membahu menata Kabupaten Tangerang di tengah Pandemi Covid-19. 

“Momentum peringatan hari jadi Kabupaten Tangerang kali ini tentu saja merupakan suasana baru bagi kita semua, untuk menengok kembali sejarah masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah terbentuknya Kabupaten Tangerang,” tandas Zaki (Ricky/Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.