WNI Yang Pulang Dari Luar Negeri Via Bandara Soetta Akan Diisolasi di Pondok Gede

  • Whatsapp
Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin (tengah) sedang memberikan arahan pada petugas di Terminal 3 Bandara Soetta.

BANDARA, REDAKSI24.COM – Menyusul adanya surat edaran Kemenkes tentang Protokol Kesehatan Penanganan Kepulangan WNI dari Luar Negeri di pintu masuk Bandara Soekarno Hatta akan dilakukan proses pemeriksaan melalui PCR. Tujuannya untuk mengantisipasi merebaknya virus corona (Covid-19).

Demikian kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin, Selasa (12/5/2020). Namun begitu, tambahnya, untuk pelaksanaannya masih menunggu arahan lebih lanjut dari Kemenkes.

Bacaan Lainnya

Sedangkan dalam pelaksanaannya nanti, pengelola bandar udara akan melakukan perubahan skenario pada proses kedatangan para WNI. Dimana WNI yang datang dari luar negeri tidak lagi masuk ke area terminal, melainkan diarahkan ke gedung khusus.

“WNI yang datang dari luar negeri tidak lagi masuk ke gedung terminal, tapi ke gedung khusus untuk diisolasi agar tidak bercampur dengan penumpang lain dalam melalukan tes kesehatannya,” kata dia.

Itu dilakukan tambah Awaluddin, untuk menghindari adanya penyebaran virus corona (Covid-19). Selain itu juga untuk mencegah penumpukan pada saat proses pemeriksaan melalui PCR, mengingat proses pemeriksaan PCR memerlukan waktu cukup lama.

Kemudian, setelah melalukan PCR melalui swab, kata dia, para WNI diangkut menggunakan kendaraan khusus menuju Asrama Haji Pondok Gede untuk diisolasi sementara hingga hasil pemeriksaan PCR keluar.

“Sekenario menuju Pondok Gede ini, juga dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan,” kata Awaluddin. (Igbal/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.