Wisatawan Harap Keraton Kaibon Tidak Hanya Indah Untuk Berswafoto, Sejarahnyapun Harus Dipahami

  • Whatsapp
Berswafoto di Keraton Kaibon, Banten.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Peninggalan Kerajaan Banten di Kota Serang, Banten sejak puluhan tahun lalu banyak dikunjungi masyarakat. Salah satunya Keraton Kaibon, bekas peninggalan kesultanan di Kampung Kroya, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Keraton yang dibangun kurang lebih sekitar tahun 1815 itu meskipun tinggal reruntuhannya, masih memiliki daya tarik bagi warga Kota Serang dan mancanegara untuk berswafoto.

Bacaan Lainnya

Seperti yang dilakukan Santi asal Kampung Sinaba Kilasah, Kecamatan Kasemen. Ia mengatakan bahwa dirinya sering datang ke Kaibon karena tertarik dengan pemandangan yang ada di lokasi.

“Sudah sering saya datang kemari. Selain pemandangannya indah, juga bagus untuk berswafoto,” kata Santi yang mengaku kerap berwisata di keraton Kaibon sejak tahun 2012 lalu.

BACA JUGA: Banten Indie Clothing Diharapkan Tarik Wisatawan ke Kota Serang

Meski demikian, Santi tidak mengetahui kisah di keraton Kaibon tersebut. Pasalnya, selain tidak ada papan, atau buku yang menceritakan soal sejarah keraton tersebut, juga tidak ada petugas yang dapat bercerita tentang keraton tersebut.

” Tau nya Kaibon ini hanya bagian dari Banten Lama. Tapi kurang tau sejarahnya, hanya tau ini Banten Lama. Padahal hampir setiap Minggu  amin ke sini, sekalian foto – foto,” imbuhnya.

Sementara itu, pengunjung lain, asal dari Kabupaten Tangerang Oji mengungkapkan, kedatangannya  ke Kaibon juga untuk berswafoto. Mengingat di keraton tersebut,  memiliki spot foto yang cukup klasik dan menarik.

“Saya sengaja datang kesini, karena ada job foto. Saya tau di Banten ada spot foto yang menarik seperti kaibon ini sejak satu tahun yang lalu,” kata dia.

BACA JUGA: Bukit Waruwangi Cinangka Serang Surga Dunia Bagi Wisatawan

Hanya saja, kata Oji, di keraton Kaibon ini tidak ada papan yang menceritakan soal sejarah di keraton tersebut, sehingga masyarakat yang datang ke keraton itu hanya untuk berswafoto, tanpa mengetahui sejarahnya.

“Harusnya ada papan informasi yang menceritakan soal sejarah keraton ini. Mudah- mudahan kedepannya, pemerintah setempat bisa mengelola keraton ini dengan baik. karena bila dilihat dari sisi bangunannya, sepertinya keraton ini adalah cikal bakal berdirinya Kota serang,” kata Oji.(Adi/Aan)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.