Warga Perbatasan Tangerang-Serang Antusias Gunakan Jembatan Siliwangi

oleh -
Warga Perbatasan Tangerang-Serang Antusias Gunakan Jembatan Siliwangi kodam III/Siliwangi jembatan gantung pangdam Siliwangi
Jembatan yang dibangun Prajurit TNI Kodam III/Siliwangi itu, memiliki panjang 60 meter dengan lebar 1 meter. Jembatan gantung itu juga hanya bisa dilalui pejalan kaki dan sepeda motor secara bergantian.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Warga dua kampung perbatasan Kabupaten Tangerang dengan Kabupaten Serang, Banten, menyambut gembira dibangunnya jembatan gantung sebagai jalan alternatif penghubung.

Jembatan yang dibangun Prajurit TNI Kodam III/Siliwangi itu, memiliki panjang 60 meter dengan lebar 1 meter. Jembatan gantung itu juga hanya bisa dilalui pejalan kaki dan sepeda motor secara bergantian.

Jembatan yang menghubungkan Kampung Bojong, Desa Gunung Kaler Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang dengan Kampung Ciguha, Desa Carenang, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang, dibangun di atas Sungai Cidurian.

“Kami senang ada jembatan gantung, sebelumnya kami menggunakan perahu bila ingin menyeberang. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pangdam III/Siliwangi yang sudah membangun jembatan gantung ini,” ujar Hasan, warga Gunung Kaler yang ditemui di lokasi, Rabu (1/9/2021).

BACA JUGA: Reses, Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Janjikan Perbaikan Jalan

Di tempat terpisah, Camat Gunung Kaler Kabupaten Tangerang, Saedaman mengatakan, awal mula pembangunan jembatan dikarenakan adanya keluhan dari warga, baik dari Kabupaten Tangerang maupun Kabupaten Serang yang kesulitan mencari akses menyeberang sungai antar satu dengan lainnya.

“Keinginan tersebut didengar Pangdam III/Siliwangi, karenanya dibangun jembatan gantung, untuk mempermudah akses bagi warga kedua daerah,” ujar Saedaman.

Menurut Saedaman, dengan adanya jembatan gantung tersebut, warga kedua daerah tidak perlu lagi menumpang perahu untuk menyeberangi sungai Cidurian tersebut.

“Memang sudah lama dinantikan warga sekitar. Apalagi, menjadi akses utama transportasi bagi warga untuk menghemat waktu dan biaya, karena banyak warga kami yang kerja di Serang atau sebaliknya,” tuturnya.

BACA JUGA: Sekda Kabupaten Tangerang Bagi-Bagi Ikan kepada Ratusan Penyapu Jalan

Sekretaris Camat Gunung Kaler, Supiyani menambahkan, secara gambaran umum jembatan ini memiliki bentang sepanjang 60 meter dengan lebar 1 meter. Jembatan gantung tersebut dapat dilalui oleh 1 motor dan 3 orang secara bergantian.

“Kami bersama masyarakat akan memanfaatkan jembatan ini dan akan merawatnya dengan baik,” ujarnya.

Sebelumnya, Pangdam III/Siliwangi Mayjen Nugroho Budi didampingi Istri dan jajarannya meresmikan Jembatan Gantung perbatasan Desa Carenang Kabupaten Serang dengan Desa Gunung Kaler, Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang, pada Rabu (11/08/2021).

Jembatan gantung penghubung dua kabupaten di Banten itu, bermanfaat bagi warga di desa-desa yang ada di kedua daerah tersebut. Sebab sungai yang menjadi perbatasan kedua kabupaten itu sangat besar dan deras arusnya.

Jembatan gantung bernama Jembatan Siliwangi menjadi jembatan ke 6 yang dibangun para prajurit TNI AD Kodam III/Siliwangi.(Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.