Warga Minang di Kota Serang Fokus Penataan Pusat Perdagangan

  • Whatsapp
ikatan keluarga minang
Yemmelia memberikan surat mandat secara simbolis kepada Ketua DPD IKM Kota Serang terpilih, Fery Ismail Cahyago.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Ikatan Keluarga Minang (IKM) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kota Serang akan menggagas penataan pusat-pusat perbelanjaan di Kota Serang yang belum tertata dengan rapih. Penataan itu penting dilakukan agar masyarakat Kota Serang lebih bangga berbelanja di kota sendiri dibanding ke kota lain.

IKM melihat, pusat-pusat perbelanjaan yang ada di Kota Serang seperti Pasar Induk Rau (PIR), Taman Sari, Royal dan Pocis belum tertata dengan rapih, sehingga kerap menimbulkan kemacetan, terutama dengan keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL). Jika sudah tertata, pusat-pusat perbelanjaan itu, meskipun banyak PKL, tidak akan mengganggu arus lalu lintas.

Bacaan Lainnya

“Saya bandingkan dengan kondisi di Bandung dan Yogyakarta. PKL tertata rapih, menggunakan tenda dan gerobaknya juga rapih,” ungkap Ketua DPW IKM Provinsi Banten, Yemmelia saat konferensi pers di Kota Serang, Minggu (8/3/2020).

Yemmelia menambahkan, untuk mewujudkan hal itu pihaknya bersama IKM Kota Serang yang baru dibentuk ini, akan melakukan audiensi dengan Pemerintahan Kota (Pemkot) Serang sebagai pemangku kebijakan, agar usulan ini bisa dipertimbangkan dalam penataan tata kelola Kota Serang.

“Konsep IKM itu, Kota Serang mempunyai pusat perbelanjaan kebanggaan seperti Royal. Setiap akan belanja, masyarakat senang datang ke Royal. Begitu juga dengan Pocis dan Taman Sari cocok untuk dijadikan pusat kuliner. Sementara untuk PIR, kami akan kaji dulu cocoknya seperti apa nanti,” ujarnya.

BACA JUGA:

. Harga Sejumlah Bahan Pokok di Kota Serang Mulai Naik

. Harga Jahe di Pasar Rau Kota Serang Juga Melambung

. Mesin Karbon Diharapkan Bisa Tingkatkan PAD Kota Serang

Keberadaan dan peran IKM Kota Serang ini nantinya sangat penting, mengingat posisinya sebagai ibu kota provinsi. Di Kota Serang, total masyarakat Minang mencapai 7.500. Jumlah itu mayoritas pedagang. Kkarena itu, peran IKM dalam menopang PAD Kota Serang sangat berpengaruh.

“Kami  akan duduk bersama. Benahi bersama. Meskipun kami orang Minang, tapi kami sudah menetap lama di Kota Serang. Jadi kami juga peduli dengan kondisi Kota Serang,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPD IKM Kota Serang terpilih, Fery Ismail Cahyago mengatakan, program yang akan dilakukan dalam waktu dekat, selain bidang perekonomian yakni kesosialan dan keagamaan. Kedua program ini juga dianggap penting karena menyentuh langsung kepada masyarakat, seperti pengajian.

Pihaknya juga akan membantu Pemkot sebagai mitra sejajar untuk bersama meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat perekonomian. “Masyarakat Minang penyumbang aktif PAD Kota Serang. Untuk itu kami juga berharap, dengan PAD itu masyarakat juga bisa sejahtera,” jelasnya. (Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.