Warga Kecamatan Pandeglang Akan Jalani Rapid Test Covid-19

oleh -
rapid test
Ilustrasi - Tim Gugus Tugs Covid-19 Kabupaten Pandeglang akan menggelar rapid test bagi warga.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Tim gugus tugas penanggulangan covid-19 Kabupaten Pandeglang, Banten berencana akan melakukan rapid test bagi sejumlah warga yang ada di Kecamatan Pandeglang, Senin (10/5/2020).

Rapid test yang akan dilakukan tersebut, menyusul adanya satu Orang Tanpa Gejala (OTG), yang dirujuk ke Wisma Atlet Jakarta, karena dinyatakan positif covid-19 melalui hasil swab.

Tim gugus tugas penanggulangan covid-19 Pandeglang, juga akan melakukan tes swab bagi anggota keluarga OTG itu.

Juru bicara tim gugus tugas penanggulangan covid-19 Pandeglang, dr Achmad Sulaeman membenarkan, pihaknya akan melakukan rapid test bagi warga yang ada di lingkungan OTG tersebut.

“Rapid test untuk langkah lebih lanjut dalam penanggulangan penyebaran covid-19 di Pandeglang,” ungkapnya, Senin (11/5/2020).

Dijelaskannya, mengenai kronologis satu OTG yang dirujuk ke Wisma Atlet Jakata, yaitu punya riwayat bekerja dan tinggal di luar daerah. Karena OTG itu bekerja di Jakarta, kemudian pulang kampung sebelum bulan Ramadan.

“Pada waktu itu OTG sempat dilakukan pemeriksaan rapid test, ketika ada kegiatan rapid test massal di Pasar Pandeglang, dari hasilnya adalah reaktif,” jelasnya.

Kemudia, kata Sulaeman, petugas langsung melakukan tes swab terhadap OTG tersebut, dan disarankan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. “Karena ada laporan dari warga OTG itu sering keluar rumah. Akhirnya setelah melalui rapat koordinasi dengan pihak terkait, tim gugus tugas memutuskan OTG itu dirujuk ke Wisma Atlet Jakarta,” katanya.

Sebelumnya, lanjut Sulaeman, OTG itu akan dievakuasi ke RSUD Berkah Pandeglang. Namun pihak RSUD Berkah tidak bisa merawat pasien yang tidak memiliki keluhan penyakit. Kemudian pihak RSUD Berkah berkoordinasi dengan Wisma Atlet, untuk dapat melakukan isolasi terhadap OTG itu.

“Akhirnya pada Sabtu kemarin OTG langsung dibawa ke Wisma Atlet dengan menggunakan kendaraan operasional pemerintah,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua tim gugus tugas penangulangan covid-19 Kecamatan Pandeglang, Mely Diah Rahmalia mengatakan, pada Senin (hari ini) akan melakukan penanganan lebih lanjut bagi warga sekitar dan anggota keluarga OTG, yaitu dengan melakukan rapid test.

“Warga yang ada di lingkungan OTG itu akan dilakukan rapid test, dan bagi sebanyak 6 anggota keluarga OTG akan dites swab dan dilakukan isolasi mandiri,” tandasnya.(Samsul Fathoni/Difa)