Warga Geger, Air Sungai Teluk Bako Serang Memerah

  • Whatsapp
Warga menunjukan air sungai Teluk Bako yang berwarna merah darah.

REDAKSI24.COM – Air sungai di Kampung Teluk Bako, Desa Mangkunegara, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten, tiba-tiba berubah warna menjadi merah. Perubahan warna itu diduga akibat air sungai tercemar limbah industri. Sontak perubahan warna air sungai membuat geger warga setempat.

Sekretaris Desa (Sekdes) Mangkunegara, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten, Aslahudin mengatakan, pihaknya telah mendapat laporan dari warga terkait perubahan warna air sungai tersebut. Pihaknya juga berkordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang, serta pihak kepolisian.

Bacaan Lainnya

“Kami telah mendapat laporan dari warga jika air sungai berubah jadi merah,” kata Aslahudin kepada wartawan, Rabu (28/8/2019) seraya menyebut peristiwa itu sudah berlangsung sejak awal Agustus 2019 lalu.

BACA JUGA:

. Mapala Kibarkan Merah Putih Raksaksa di Sungai Ciujung yang Tercemar Limbah

. Soal Pencemaran Sungai Ciujung, Pemprov Banten Ngaku tak Punya Solusi

. Bendahara Dinas Pendidikan Banten Diperiksa Kejati

Dia menyebut, Sungai Teluk Bako banyak dimanfaatkan warga untuk keperluan peternakan dan perikanan, karena sungai langsung bermuara ke laut. Namun kini banyak warga yang mengeluhkan tercemarnya sungai tersebut.

“Yang pasti perubahan warna air sungai mencemari lingkungan warga, terutama di pelelangan ikan, karena mayoritas warga Mangku Negara bekerja disitu (pelelangan). Bolak balik di sungai ngambil ikan karena muaranya ke laut,” katanya.

Kepala Seksi Penanggulangan Kasus Lingkungan Hidup Kabupaten Serang, Lili Amalia mengatakan, pihaknya sudah menurunkan tim ke lokasi untuk mengambil sampel air yang berubah warna tersebut untuk kemudian dianalisa di laboratorium.

“Kami belum bisa memutuskan limbah dari mana, berbahaya atau tidak. Sebab kami masih dalam proses analisa,” katanya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.