Warga Empat Kecamatan di Pandeglang Jalani Karantina Mandiri

  • Whatsapp
covid-19 pandeglang
Peta sebaran covid-19 di Kabupaten Pandeglang.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Menyusul adanya warga Pandeglang yang positif covid-19 meninggal dunia, dan ditemukannya 5 orang Warga Negara (WN) Banglades reaktif terhadap rapid tes, Pemkab Pandeglang melakukan karantina mandiri kepada sejumlah warga di 4 kecamatan.

Karantina mandiri tersebut diberlakukan terhadap sejumlah warga di Kecamatan Carita, Cikedal, Menes dan Majasari. Hal itu dilakukan lantaran sejumlah warga di kecamatan tersebut sempat kontak langsung, baik dengan WN Bangladesh maupun dengan pasien positif covid-19 sewaktu masih hidup.

Bacaan Lainnya

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Pandeglang, dr Achmad Sulaeman mengatakan, terkait perkembangan penanganan covid-19 di Pandeglang, tim gugus tugas tingkat kecamatan, telah melakukan rapid tes terhadap orang yang sempat melakukan kontak langsung dengan Jemaah Tablig asal Banglades.

“Rapid tes terhadap warga yang sempat kontak langsung dengan WN Bangladesh itu dilakukan terhadap sebagian warga di Kecamatan Menes, Cikedal dan Majasari,” ungkapnya, Sabtu (18/4/2020).

Dikatakannya, jumlah orang yang sudah dilakukan rapid tes tersebut, diantaranya dari Kecamatan Menes sebanyak 7 orang, Cikedal 6 orang dan Maja Sari sebanyak 19 orang.

“Dari semua orang yang dilakukan rapid tes pasca kontak langsung dengan WN Banglades, hasilnya negatif,” katanya.

Meski begitu, kata Sulaeman, semua warga yang sudah dilakukan rapid tes itu sementara waktu diminta menjalani karantina mandiri. Dan diakuinya, tidak penutup kemungkinan masih ada warga lain yang sempat kontak dengan WN Banglades tersebut.

“Sementara waktu, semua orang yang sempat kontak langsung dengan Jemaah Tablig asal Banglades dikarantina di rumah,” ujarnya.

BACA JUGA:

. Anggota DPRD Pandeglang Sisihkan Gaji Bantu Warga Terdampak Covid-19

. Desa di Pandeglang Wajib Alokasikan Dana Bagi Warga Terdampak Covid-19

. Ribuan Warga Pandeglang Terdampak Covid-19 Bakal Dapat Bantuan

Adapun di Carita pasca adanya pasien meninggal dan positif covid-19, telah ditemukan sebanyak 11 orang yang sempat kontak langsung dengan almarhum. Sebnayak 11 orang itu telah dilakukan rapid tes, dan hasilnya satu diantaranya reaktif terhadap rapid tes.

“11 orang yang sempat kontak dengan almarhum dilakukan karantina mandiri, dan orang yang hasil rapid tesnya positif tengah dilakukan pemeriksaan swab,” ujarnya.

Ditambahkannya, tim medis dari Puskesmas Carita yang dibantu tim gugus tugas tingkat kecamatan dan desa, terus memantau perkembangan ke 11 orang tersebut, dan upaya penyisiranpun terhadap orang yang pernah kontak langsung dengan almarhum juga masih terus dilakukan.

“Saya himbau warga Pandeglang tidak panik dengan kondisi ini. Karena kami dari tim gugus tugas terus melakukan upaya pencegahan penyebaran covid-19,” tandasnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.