Warga Berusia 60 Tahun Keatas di Kepri Tetap Divaksin

oleh -
Vaksinasi di Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG, REDAKSI24.COM– Ketua Harian Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Kepri TS Arif Fadillah mengatakan warga usia 60 tahun ke atas akan tetap disuntik vaksin sesuai kebijakan Kementerian Kesehatan RI.

“Semula hanya warga usia 18-59 tahun disuntik vaksin. Setelah ada kebijakan baru, usia 60 tahun ke atas tetap divaksin,” kata Arif Fadillah di Tanjungpinang, Sabtu (30/1/2021)

Kendati demikian, kata dia, vaksin untuk warga usia 60 tahun ke atas bukan merek sinovac (China), tapi merek pfizer (Jerman).

Vaksin sinovac diklaim hanya untuk umur 18-59 tahun. Sementara vaksin pfizer diklaim telah melalui fase uji klinis digunakan buat warga umur 60 tahun ke atas.

“Rencananya bulan Maret-April 2021, kelompok usia 60 tahun ke atas sudah divaksin. Vaksinasi akan diawali oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin,” ungkap Arif.

Lebih lanjut, Arif menyampaikan kelompok usia di atas 60 tahun yang akan divaksinasi ini adalah mereka yang masih aktif bekerja dan juga harus sehat.

“Sebelum divaksinasi, petugas medis akan mengecek kesehatan untuk memastikan apakah mereka memang layak atau tidak disuntik vaksin COVID-19,” tutur Arif.

Lanjut Arif, saat ini vaksinasi COVID-19 tahap awal di Kepri masih berjalan untuk tenaga kesehatan dan medis. Pada pertengahan Februari 2021, penyuntikan vaksin ini ditargetkan sudah rampung.

“Setelah itu, vaksinasi dilanjutkan untuk pelayan publik seperti ASN dan TNI/Polri, hingga masyarakat umum,” demikian Arif. (Ogen/Ant/Aan)