Wali Kota Tangerang Minta Pengetahuan Masyarakat Atas AIDS Ditingkatkan

oleh -
Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah pada acara peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2021, yang diselenggarakan secara daring dan luring oleh Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM– Pada masa Pandemi COVID-19 yang melanda beberapa negara di belahan dunia, termasuk Indonesia, Pemkot Tangerang juga tidak mengabaikan penanganan HIV/AIDS dan penyakit menular seksual lainnya. 

Hal itu dilakukan, karena kesehatan masyarakat termasuk salah satu program prioritas bagi pembangunan Kota Tangerang.

Demikian kata Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah pada  acara memperingati Hari AIDS Sedunia Tahun 2021, yang diselenggarakan secara daring dan luring oleh Dinas Kesehatan Kota Tangerang dengan tema, “Akhiri AIDS: Cegah HIV, Akses Untuk Semua” di Kantor Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Rabu (1/12/21).

Wali Kota dua periode yang hadir secara daring  tersebut mengatakan, meskipun kasus HIV/AIDS di Indonesia cenderung fluktuatif meningkat dari tahun ke tahun dan puncaknya terjadi pada tahun 2019 dengan jumlah 50.282 kasus, di Kota Tangerang terbilang sangat rendah.

BACA JUGA: Pemulihan Ekonomi – Kesehatan Jadi Fokus Pembangunan Jangka Menengah Kota Tangerang

Hal itu terlihat dari periode Januari hingga Oktober 2021. Dari  21.731 orang di Kota Tangerang yang menjalani tes HIV, 229 orang diantaranya atau 1,1 persen baru terdiagnosa HIV.

“Ini terjadi, karena Pemerintah Kota Tangerang telah menangani persoalan tersebut secara serius melalui berbagai upaya, salah satunya dengan memberikan edukasi kepada masyarakat, penyuluhan dan penyadaran anti stigma,” kata Arief

Keberhasilan dalam penanggulangan HIV/AIDS itu, lanjut Arief, tidak lepas dari kinerja bersama multisektor, seperti Pemerintah Pusat dan Daerah, akademisi, masyarakat, swasta serta media.

Untuk itu Arief berharap, pada  peringatan Hari AIDS Sedunia di Kota Tangerang,  dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS.

“Semoga segala upaya bersama ini bisa terus optimal demi mewujudkan masyarakat Kota Tangerang yang sehat dan sejahtera,” tandas dia.

Menyikapi hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni menjelaskan, dalam rangka memperingati  Hari AIDS Sedunia, pihaknya  telah melakukan  skrining HIV di Puskesmas se – Kota Tangerang dari tanggal 18 November hingga 30 November 2021.

“Target setiap puskesmas menangani 100 orang, tapi masyarakat yang hadir untuk di skrining melebihi dari jumlah tersebut. Seperti di Puskesmas Kunciran sebesar 730 orang yang melakukan tes, rata – rata capaiannya di angka 200 lebih,” papar Kadis Kesehatan.(Adv)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.