Wali Kota Tangerang Ajak Seluruh Warga di Lingkungungannya ikut Program Kampung Iklim

oleh -
Wali kota Tangerang, Arief R Wismansyah.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM- Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah selalu memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap warganya yang mampu menjaga dan menata lingkunganya menjadi kampung tematik.

Seperti yang diberikan kepada Pemuda Karang Taruna Warga RW 016, Kelurahan Uwung Jaya, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang yang bersama Banksasuci Foundation bersinergi menata  lingkungannya menjadi Kampung Tematik dengan konsep daur ulang pakaian bekas menjadi POT untuk tanaman

Selain meresmikan langsung lingkungan tersebut sebagai kampung POT (Potensi Terampil) pada Minggu (5/12/2021), Wali Kota dua periode yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang,Tihar Sopian itu, juga memberikan penghargaan Program Kampung Iklim Tingkat Kota dan Proklim Tingkat Nasional  di RW. 016 Kecamatan Cibodas Kelurahan Uwung Jaya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota menyampaikan bahwa di lingkungan RW. 016  mempunyai semangat untuk membenahi Kota Tangerang, dengan membentuk kampung tematik yang memanfaatkan pakaian bekas menjadi POT atau suatu produk yang mempunyai nilai jual.

BACA JUGA: Kampung ATM di Cipondoh, Disambut Baik Oleh Gubernur Bangka Belitung

“Ini menjadi suatu hal yang membanggakan, anak – anak muda yang mempunyai kreativitas yang tinggi bisa menghasilkan sesuatu dengan memanfaatkan lingkungannya,” kata dia.

Dan pakaian-pakaian bekas yang dijadikan suatu karya bernilai itu, lanjut Wali Kota, didapat dari tetangga atau lingkungan di sekitarnya. Lalu pakaian bekas tersebut, diolah  untuk dijadikan POT

Lebih lanjut, Wali kota mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan Program Kampung Iklim tingkat Nasional maupun tingkat kota yang telah membantu pemerintah dalam upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di lingkungannya.

“Untuk wilayah yang belum menjadi kampung iklim, ikutan Program Kampung Iklim, gimana caranya bikin sumur resapan, bikin biopori, bikin sumur injeksi agar dapat mengatasi banjir, karena harusnya air hujan ini meresap ke dalam tanah,” tutur Arief

Dalam kesempatan yang sama, Tihar Sopian selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang menerangkan telah melaksanakan kegiatan verifikasi Proklim Tingkat Kota secara daring, sebanyak 6 RW di 6 Kelurahan menjadi juara tingkat kota.

“Selain itu juga sebanyak 12 RW dalam Program Kampung Iklim telah meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia,” pungkas Tihar

Sebagai Informasi, Proklim Tingkat Kota yang menjadi juara adalah Kelompok 1 wilayah timur, Juara 1 diraih oleh RW. 001 Kelurahan Sudimara Pinang, Juara 2 RW. 010 Larangan Utara, Juara 3 RW. 07 Batuceper, Kelompok II wilayah barat, Juara 1 RW. 006 Gandasari, Juara 2 RW. 010 Panunggangan Barat, Juara 3 RW. 006 Sukajadi dan Proklim Tingkat Nasional diantaranya RW. 009 Kelurahan Cibodasari dengan kategori Utama + Trophy, RW. 005 Kelurahan Kreo kategori Utama + Trophy, RW. 002 Kelurahan Batuceper Kategori Utama.(Adv)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.