Wali Kota Tangerang Ajak Masyarakat Antisipasi Banjir Dengan Tidak Buang Sampah Sembarangan

  • Whatsapp
Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah (pakai batik).

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM– Untuk mengantisipasi terjadinya genangan di lingkungan masyarakat, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengajak seluruh warganya membuat sumur resapan atau drainase vertikal.

Karena dengan banyaknya sumur resapan, tentu dapat mengurangi terjadinya genangan di berbagai tempat. ” Yang harus kita lakukan sekarang ini adalah membuat sumur-sumur resapan, agar genangan air bisa diminimalisir,” kata Wali Kota Tangerang di Pusat Pemerintah Kota Tangerang, Banten, Kamis (3/12/2020)

Bacaan Lainnya

Sumur-sumur resapan itu, tambahnya, bisa dibuat di taman-man, pelataran sekitar rumah, sisi-sisi jalan dan lainnya, sehingga bila hujan turun air dapat meresap di sumur itu dan tidak menggenang.

Selain mengimbau masyarakat membuat sumur-sumur resapan, kata Wali Kota, Pemkot Tangerang juga memperbanyak ruang-ruang terbuka. Bahkan, baru-baru ini, tambahnya Pemkot Tangerang mengerjakan program ketahanan pangan, penghijauan dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Wali Kota Tangerang Ajak Masyarakat Tata Bantaran Sungai

Tujuannya, kata dia, untuk membuka ruang-ruang resapan agar bila hujan turun, airnya kembali ke dalam bumi. Namun demikian, kata Wali Kota, yang terpenting adalah meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Pasalnya, kata dia, salah satu penyebab banjir di berbagai daerah, termasuk Kota Tangerang, karena disebabkan oleh sampah yang  menyumbat saluran-saluran air.  ” Jadi, untuk mengantisipasi banjir, bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan juga tanggung jawab masyarakat, dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya,” ungkap Wali Kota. (Adv)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.