Wali Kota Serang Usulkan Karangantu Kembali Jadi Pelabuhan Internasional

oleh -
komisi V DPR RI pelabuhan internasional pelabuhan karangantu wali kota serang
Menurut  Syafrudin, revitalisasi itu sangat penting dilakukan mengingat pelabuhan Karangantu itu mempunyai sejarah yang panjang dan peranannya sangat strategis dalam perdagangan Internasional.

KOTA SERANG,REDAKSI – Wali Kota Serang Syafruddin mengusulkan kepada pemerintah pusat melalui Komisi V DPR RI agar kondisi pelabuhan Karangantu yang berada di Kecamatan Kasemen, Kota Serang bisa dilrevitalisasi menjadi pelabuhan Internasional.

Menurut  Syafrudin, revitalisasi itu sangat penting dilakukan mengingat pelabuhan Karangantu itu mempunyai sejarah yang panjang dan peranannya sangat strategis dalam perdagangan Internasional.

“Kami ingin pelabuhan Karangantu itu bisa kembali menjadi pelabuhan Internasional sebagaimana dulu ketika jaman kolonial Belanda,” kata Syafrudin usai mendampingi kunjungan anggota DPR RI TB Khoerul Zaman ke BMKG Serang, di Serang, Rabu, (16/6/2021).

BACA JUGA: Sister City Kota Serang-Tangsel, Solusi Untuk Penataan Sampah di Kedua Wilayah

Syafruddin menilai, kondisi pelabuhan Karangantu sekarang memang masih digunakan sebagai tempat hilir mudik nelayan mencari ikan, sebab di sana juga masih terdapat tempat pelelangan ikan. Namun ia berharap kedepannya Karangantu menjadi pelabuhan Internasional dan menjadi salah satu penyumbang bagi PAD Kota Serang.

BACA JUGA: PPKM Skala Mikro di Banten Diperpanjang Hingga 28 Juni 2021

“Tapi ke depan, cita-cita saya pelabuhan Karangantu itu bisa kembali menjadi pelabuhan internasional seperti dulu,” kata dia.

BACA JUGA: Puluhan Preman Pelabuhan Merak Cilegon Diamankan Polisi

Oleh karena itu, kata Syafrduin, dengan kedatangan anggota komisi V DPR RI ini, pihaknya menyampaikan terkait rencana keinginan itu agar disampaikan ke pemerintah pusat.

Jika nanti rencana itu bisa direalisasikan, kata dia, mudah-mudahan banjir rob yang sering terjadi di sekitar pelabuhan itu juga bisa diatasi, terlepas itu dengan membuat tanggul atau membuat pemecah ombak.

“Karena setiap tahun di sana selalu terjadi rob besar, terutama ketika musim kemarau,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, anggota komisi V DPR RI TB Khoirul Zaman mengatakan, pihaknya akan mencoba membawa aspirasi itu dalam rapat bersama dengan lembaga dan kementrian terkait.

“Prosesnya memang cukup panjang, dari mulai perencanaan, analisa akademik sampai pada perencanaan penganggaran,” kata mantan Wali Kota Serang ini.

Zaman mengatakan, untuk proses awal mungkin akan dikomunikasikan terlebih dahulu di internal anggota DPR RI khususnya di Komisi V, selanjutnya untuk kemudian dilakukan perencanaan.

“Saya belum bisa memastikan kapan akan dilaksanakan, anggarannya juga belum bisa dipastikan berapa besarannya,” kata dia.

Namun yang pasti, kata Zaman, sebagai masyarakat Kota Serang, dirinya sangat mendukung jika Walikota Serang mempunyai gagasan revitalisasi pelabuhan Karangantu. Sebab pelabuhan internasional pada masa kolonial Belanda dulu perannya sangat penting dan strategis. (Mulyana/Ant/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.