Wali Kota Serang Instruksikan Warga Bangun Jamban

  • Whatsapp
Dolbon
Wali Kota Serang, Banten, Syafrudin.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Wali Kota Serang, Banten, Syafrudin mengintruksikan kepada kepala kelurahan yang ada di Kota Serang untuk menyosialisasikan kepada warganya agar membangun jamban di masing-masing rumah. Tujuannya agar tidak ada lagi istilah dolbon ditengah masyarakat ibu kota Banten ini.

Instruksi itu disampaikan walikota menyusul dibangunnya Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T) serentak di 8 kelurahan yang ada di Kota Serang. SPALD-T berfungsi untuk menampung 1 titik tinja dengan kapasitas minimal 50 rumah atau lebih.

Bacaan Lainnya

“Ini program pusat yang diserahkan kepada Pemkot Serang, kepentingannya untuk masyarakat. Di Kota Serang masih banyak warga yang tidak punya jamban. SPALD-T untuk mengurangi tingkat dolbon,” kata Syafrudin kepada wartawan di Kecamatan Curug, Kota Serang, Senin (2/3/2020).

Syafrudin mengungkapkan, ada 30.000 Kepala Keluarga (KK) di Kota Serang yang belum memiliki jamban. Sehingga banyak yang dolbon, “Jumlanya luar biasa. Bikin rumah yang biayanya Rp50 juta bisa, tapi bikin jamban yang hanya Rp1 sampai Rp5 juta tidak bisa,” imbuhnya.

BACA JUGA:

. Soal Virus Corona, Wali Kota Serang Minta RSU Siapkan Ruang Isolasi

. Wali Kota Serang Minta Warganya Tunda Umroh ke Arab Saudi

. Warga Kota Serang Banten Disebut Malas Bayar Pajak

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRDKP) Kota Serang, Iwan Sumardi menjelaskan, pembangunan tersebut merupakan anggaran tahun 2019 dan jika program ini disambut baik masyarakat akan berlanjut di tahun 2020.

“Kalau sudah berjalan harus dijaga perawatannya,” imbaunya.

Ia juga berharap dengan adanya pembangunan tersebut masyarakat bisa sadar dengan tidak ada lagi yang dolbon, terlebih Kota Serang merupakan ibu kota Provinsi Banten. “Mudah-mudahan kesadaran masyarakat tumbuh,” tandasnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.