Wali Kota Serang Didesak Segera Terbitkan Perwal Anggaran Covid-19

  • Whatsapp
anggaran covid-19
Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang belum memiliki Peraturan Wali Kota (Perwal) untuk melaksanakan recofusing atau perubahan alokasi anggaran ditengah pandemi virus corona,

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Serang, Hari Pamungkas mengakui Pemkot Serang perlu memiliki Perwal penggunaan alokasi anggaran penanganan Covid-19. Aturna itu, kata dia, sesuai dengan intruksi menteri dalam negeri (Mendagri).

Bacaan Lainnya

“Jika Pemkot Serang tidak memiliki Perwal maka anggaran recofusing tidak bisa digunakan. Sesuai amanat Mendagri harus ada paying hukum berupa Perwal. Kalau belum ada , dsar relokasi pergeseran recofusingnya apa?” katanya kepada wartawan melalui sambungan telpon, Sabtu (18/4/2020).

Recofusing itu, sambung Hari, terkait dengan target kinerja atau program kegiatan, khususnya penanganan covid-19. Masing-masing kabupaten atau kota, kata dia, punya program prioritas dalam penanganan Covid-19. Salah satu prioritasnya menggeser anggaran.

“Yang sudah ada di DPA digeser juga, untuk penanganan kesehatan, jaring pengaman sosial atau pengurangan dampak ekonomi. Namun sekali lagi harus dikuatkan dengan Perwal untuk bisa menggunakannya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Serang, Budi Rustandi mendorong Wali Kota Serang untuk segera menyelesaikan Perwal penggunaan anggaran penanganan covid-19 agar bisa memiliki payung hukum.

“Kami mendorong Wali Kota Serang segera menerbitkan Perwal, agar memiliki payung hukum,  jangan sampai salah mengambil kebijakan,” ujarnya.

BACA JUGA:

. Ketika Warga Miskin Kota Serang Bertahan Hidup Ditengah Pandemi Covid-19

. DPRD Kota Serang Geser Anggaran Rp6 Miliar untuk Penanganan Covid-19

. Tolak Pansus Covid-19, DPRD Kota Serang Kuatkan Fungsi Pengawasan

Dalam situasi sekarang ini, Dikatakan Budi, harus hati – hati dalam menampung aspirasi masyarakat. Sebab, kata dia, ada prosedur yang harus ditempuh pemerintah. “Masyarakat inginnya segera ada bantuan dari pemerintah. Tapi pemerintah harus menempuh prosedur yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Budi menegaskan agar Wali Kota secepatnya membuat Perwal agar anggaran bisa secepatnya dirasakan masyarakat Kota Serang, khususnya yang terkena dampak covid-19. “Kami akan kawal gugus tugas dlam menggunakan anggaran covid-19,” tandasnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.