Wali Kota Cilegon Pastikan Kesiapan Mall Terapkan New Normal

  • Whatsapp
New Normal Cilegon
Wali Kota Cilegon Edi Ariadi menggelar Sidak ke salah satu mall untuk memastikan kesiapan penerapan new normal.

CILEGON, REDAKSI24.COM – Wali Kota Cilegon Edi Ariadi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cilegon melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah mall yang ada di kota baja itu. Sidak dilakukan untuk memastikan pemberlakuan new normal atau tatanan kehidupan baru yang telah ditetapkan pada 1 Juni 2020.

Wali Kota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, sidak dilakukan untuk melihat persiapan sejauh mana pusat-pusat pembelanjaan dalam menghadapi new normal sesuai protokol kesehatan covid-19.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah rapat evaluasi, dan Senin sudah mulai meluncurkan skema new normal,” kata Edi Ariadi, disela Sidak di salah satu mall, Jumat (5/6/2020).

Ia juga mengatakan, telah memberikan arahan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon untuk memastikan adanya penambahan jam buka bagi gerai-gerai yang ada di mall.

“Pokoknya protokol kesehatan tidak boleh diabaikan. Nantinya ada polisi, TNI, Disperindag yang selalu mengawasi customer, juga kapasitas mall. Jika sudah banyak kerumunannya melebihi 40%, nanti akan di stop,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menginginkan adanya sanksi bagi gerai-gerai yang tidak mematuhi peraturan pemerintah, dalam hal ini protokol kesehatan pencegahan covid-19. Pihaknya akan menerapkan disiplin kuat, bagi kepada pengusaha maupun masyarakat secara umum  dalam penerapan new normal.

“Kalau masih ada yang bandel mungkin saja dikenakan sanksi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kota Cilegon, Abadiah, mengakui protokol kesehatan dalam new normal akan diterapkan lebih ketat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Selain itu, pihaknya tidak segan memberikan teguran bagi gerai-gerai yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

“Penutupan mall bila sudah melebihi kapasitas, misalnya 10 ribu tapi yang datang lebih dari 10 ribu, itu yang harus diperhatikan. Ada tim checker, termasuk Disperindag. Sudah dimulai sejak Senin 1 juni sampai 30 Juni 2020,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, new normal akan difokuskan pada pusat keramaian, diantaranya Cilegon Center Mall (CCM), Ramayana, Edi Toserba, Citimall dan Giant. Untuk pasar tradisional, dianatranya Pasar Kranggot dan Pasar Blok F, serta Pasar Merak. (Firasat/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.