Walau Sudah 15 Tahun Mengabdi Jadi Guru, Nining Guru Honorer di Pandeglang Tinggal di Toilet Sekolah

oleh -
MENGABDI : Nining Suryani (46) tengah menjalankan tugasnya sebagai guru honorer di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Karyabuana 3, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Selasa (16/7/2019).

REDAKSI24.COM—Tak terasa sudah 15 tahun Nining Suryani (46)  mengabdi sebagai guru honorer di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Karyabuana 3, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang. Namun lamanya pengabdian serta belum ada kejelasan status sebagai ASN berimbas pada kesejahteraannya. Minimnya gaji yang didapat membuat dirinya dan keluarga terpaksa harus tinggal di toilet  sekolah.

“Jangankan beli rumah, buat sewa aja gaji saya dan suami tak cukup,” sedih Nining.

Nining mengaku dirinya bersama suami Ebi Husaebi (46), dan kedua anaknya sudah 2 tahun memanfaatkan toilet sekolah sebagai tempat tinggal.

Nining mengaku dengan menjadi guru honorer di SDN Karyabuana 3 Cigelis, Nining  ia mendapatkan gaji Rp350 ribu per bulan. Gaji tersebut Ia terima tiga bulan sekali. Nining mengaku pendapatan tersebut  tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga Ia harus jualan makanan ringan di depan toilet  yang juga sebagai tempat tinggalnya untuk menambah penghasilan.

“Kalau dibilang cukup atau tidak gaji sebesar itu ya tidak cukup. Karena beban biaya keluarga cukup banyak, makanya saya jualan makanan untuk anak-anak sekolah,” ungkap Nining Suryani, Selasa (16/7/19).

Diakui Nining, tingal di ruangan toilet sekolah karena terpaksa, sebab tidak memiliki rumah. Ia juga mengaku, meski tidak merasa betah tinggal di ruangan toiket yang cukup sempit, namun karena tidak ada pilihan lain, akhirnya terpaksa harus tetap menggunakan tuangan toiket sebagai tempat tinggal.

Nining berharap, ada perhatian dari pemerintah terhadap statusnya sebagai Guru honorer. Ia ingin diangkat menjadi PNS, supaya bisa hidup sejahtera.

” Saya ingin diangkat jadi PNS. Agar kami kedepan bisa punya rumah sendiri, dan bisa sejahtera,” harapnya. (Samsul/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *