Wakil Ketua DPRD Banten: Gubernur Harus Membantu Menyelesaikannya

oleh -
Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten M. Nawa Said Dimyati
Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten M. Nawa Said Dimyati

SERANG, REDAKSI24.COM—Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten M. Nawa Said Dimyati prihatin dengan berlarut-larutya masalah penyerahan aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang ke Kota Serang. Untuk itu dirinya meminta Gubernur Banten sebagai wakil Pemerintah Pusat di daerah harus ikut membantu dalam penyelesaianya. Pasalnya menurut Nawa, dampak sengkarut Penyerahan Aset Pemkab Serang ke Kota Serang akan sangat merugikan masyarakat.

“Saya prihatin dengan adanya sengkarut ini. Ketika permasalahan penyerahan Aset ini berlarut-larut, sebagaimana diatur dalam pasal 8 UU tersebut diatas, maka Gubernur Banten sebagai wakil pemerintah pusat di daerah harus membantu menyelesaikannya,” jelas politisi partai Demokrat ini.

Menurut Nawa, seharusnya penyerahan aset Pemkab ke Kota Serang sudah selesai pada tahun 2013, sebagaimana amanat UU 32 tahun 2007 tentang Pembentukan Kota Serang.

“Dalam pasal 13 ayat 3 UU 32 tahun 2007, dinyatakan bahwa penyerahan personel, aset dan dokumen paling lambat 5 tahun sejak Penjabat Walikota serang di tetapkan,” jelasnya.

BACA JUGA:

Pemkab Serang Tak Mungkin Serahkan Aset ke Pemkot Serang

Soal Aset, DPRD Kota Serang Akan Minta Bantuan KPK

Wali Kota Serang Berharap Masalah Aset Rampung pada 2023

jika sengkarut penyerahan aset ini terus dibiarkan lanjut Nawa, maka dirinya memastikan hal ini akan merugikan masyarakat secara luas khususnya dalam hal pelayanan. Dikarenakan APBD kota serang tak mungkin menganggarkannya pembangunan di aset-aset yang belum diserahkan. Demikian pula Kabupaten Serang juga tidak bisa menggunakan APBD untuk melakukan pembangunan, karena itu berada di luar wilayah hukumnya

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan Gubernur Banten, maka Sengkarut Penyerahan Aset Pemkab Serang ke Kota Serang akan bisa segera selesai,” pungkasnya. (Hendra)