Wah, Ratusan Desa di Pandeglang Terancam Tidak Dapat Dana Desa

  • Whatsapp
Dana desa, DPMPD Pandeglang, KPPN, Pemdes, Rekening Desa
Ilustrasi - Dana desa.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Doni Hermawan mencatat, desa yang sudah mengajukan Dana Desa (DD) tahap III baru 50 persen dari jumlah total sebanyak 326 desa di 35 kecamatan.

Menurut Doni, untuk pengajuan DD sekarang ini berbeda dengan sebelumnya. Desa tidak lagi melakukan pengajuan ke daerah, tapi langsung ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) RI. Setelah itu nanti dananya langsung ditransfer KPPN ke Rekening Kas Desa (RKD) bukan ke kas daerah lagi.

Bacaan Lainnya

Maka lanjut Doni, jika pihak desa lambat memgajukan, pemerintah pusat bisa langsung mengambil alih dan dananya ditarik lagi oleh pemerintah pusat.

“Kalau tahun 2019 lalu uangnya masuk ke kas daerah dulu. Sehingga ketika ada keterlambatan dari desa, kami masih bisa negosiasi dengan Kepala BPKD maupun bupati,” ungkap Doni saat ditemui di Kantor Kelurahan Keraton, Kecamatan Majasari, Pandeglang, Rabu (11/11/2020).

BACA JUGA: Hore, Bantuan Sosial Tunai di Pandeglang Cair Akhir Nopember

Dikatakan Doni, saat ini DD tahap III sedang proses pengajuan. Ia menargetkan pada pertengahan Nopember ini sudah mulai disalurkan oleh Pemerintah Pusat ke masing-masing rekening kas desa (RKD).

Bahkan lanjut Doni, bukan hanya DD tahap III yang bakal cair pada pertengahan bulan Nopember ini, akan tetapi Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Pandeglang juga dapat tersalurkan atau cair.

“Bukan hanya DD tahap III, ADD tahap III juga sama sedang proses pengajuan. Keduanya kami targetkan cair pertengahan bulan ini. Mudah-mudahan tidak ada kendala apapun,” katanya.

Doni mengklaim, proses pengajuan DD tahap III tidak terbilang lambat, karena sesuai tahapan DD tahap III harus diajukan pada Nopember. Kecuali, kata dia, pada 23 Desember barulah tidak bisa penarikan dan bisa dikatakan lambat.

“Hingga saat ini desa yang sudah mengajukan pencairan DD Tahap III mencapai sekitar 50 persen dari total 326 desa se Kabupaten Pandeglang. Kami yakin, pekan ini sudah dapat terselesaikan semuanya,” ujarnya.

Doni juga tidak bisa memungkiru, jika masih ada desa yang bakal terancam tidak bisa mencairkan DD tahap III. Hal itu diakbatkan belum selesainya laporan realisasi DD tahap II dan tidak ada itikad baik untuk memperbaiki kelemahan serta kesalahannya.

“Kalau SPJ-nya belum diselesaikan dan belum menyerahkan pengajuannya ke kami, sesuai aturan yang berlaku kami tidak bisa memberikan rekomendasi. Kan syaratnya harus menyelesikan LPJ DD sebelumnya,” tuturnya.

Kabid Pemdes pada DPMPD Pandeglang, Asep menambahkan, agar pencairan DD cepat, pihaknya selalu kerja lembur (sampai malam) menunggu dan memeriksa proposal pencairan DD dari masing-masing desa.

“Yang belum harus sesegera mungkin. Sampai malam pun terus kami tunggu proposal pengajuan DD-nya. Hampir tiap hari kami kerja sampai malam terus, agar DD tahap III ini cepat cair,” tandasnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.