Wagub Banten: Ditengah Pandemi Covid-19, UMKM  Harus Bertranformasi ke Ekonomi Digital

  • Whatsapp
Andika Hazrumy
Wagub Banten Andika Hazrumy.

SERANG,REDAKSI24.COM–Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menggatakan di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mendorong agar UMKM bisa melakukan transformasi ke ekonomi digital. 

Untuk itu menurut Andika saat ini Pemprov Banten tengah menyusun untuk memberikan stimulus ekonomi khususnya bagi pelaku UMKM di seluruh sentra produksi di Provinsi Banten. Stimulus tersebut lanjut Andika, termasuk juga bantuan adaptasi teknologi informasi bagi pelaku UMKM yang mendorong pelaku UMKM untuk melakukan tranformasi ke ekonomi digital.

Bacaan Lainnya

“Karena itu, kata dia, kemitraan antara pemerintah daerah dan dunia usaha, sektor perbankan, perusahaan telekomunikasi, dan media massa perlu terus dikembangkan menyukseskan Program UMKM Go Digital di Provinsi Banten,” papar Andika usai meresmikan Bulan Layanan Digital dan Mandiri Festival Belanja Banten, Kamis (15/10/2020).

Politisi muda dari Partai Golkar ini. mengatakan, Provinsi Banten telah memiliki berbagai komoditas unggulan khususnya pada sektor pertanian dan industri kreatif yang sangat potensial. Menurut Andika dari data Badan Ekonomi Kreatif RI menunjukkan bahwa Banten pengekspor ekonomi kreatif ketiga terbesar nasional.

“Khususnya pada sub sektor fashion, kuliner, dan kerajinan tangan,” katanya.

Menurut Andika, Pemprov Banten saat ini juga tengah mengembangkan sektor agribisnis sebagai sektor unggulan dengan mengoptimalkan dukungan rantai pasok produk-produk unggulan agribisnis di Provinsi Banten, khususnya di wilayah Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang.

Karena itu, kata Andika, peningkatan layanan digital diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan rantai pasok komoditas pertanian Banten untuk bertranformasi dalam pemasaran produk pertanian Banten ke dalam ekonomi digital.

Andika mengatakan, Banten memiliki banyak produk UMKM dan sentra-sentra produksi yang menghasilkan berbagai produk unggulan seperti sentra pembuatan tas di Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, sentra pembuatan emping melinjo di Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang dan sentra perajin gula aren di sejumlah desa di Kecamatan Sobang Kabupaten Lebak. (Mulyana/Ant/Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.