Wabup Lebak: Capaska Mesti Pertahankan Ideologi Pancasila

  • Whatsapp
Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi bertemu dengan Capaska di Alun-Alun Rangkasbitung sebelum pengukuhan.

REDAKSI24.COM – Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi bertemu dengan Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) Kabupaten Lebak, di Tribun Alun-Alun Rangkasbitung, Senin (05/08/2019).

Para Capaska itu akan dikukuhkan menjadi Paskibraka Kabupaten Lebak pada 16 Agustus 2019 nanti. Pertemuan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme kepada para Capaska sebelum menjalankan tugasnya pada 17 Agustus 2019.

Bacaan Lainnya

Ade mengatakan, Capaska dari tiap-tiap sekolah di Kabupaten Lebak itu, merupakan siswa pilihan untuk menjadi Paskibraka. Awal seleksi terdapat 1.600 Capaska dari seluruh sekolah di Kabupaten Lebak.

Dari jumlah itu kemudian diseleksi lagi menjadi 300 anak. Hingga akhirnya terpilih menjadi 54 siwa siswi dari 28 kecamatan yang ada yang di kota Multatuli itu. Mereka telah menjalani karantina sejak 31 Juli 2019 lalu di kawasan Pasir Ona.

“Dari 1,2 Juta jiwa penduduk Lebak, kalian menjadi orang-orang terbaik. Tugas kalian bukan hanya menaikan dan menurunkan bendera 17 Agustus, tapi banyak tugas yang harus kalian jalani, yakni menjaga keutuhan NKRI dan ideology Pancasila,” tegas Ade.

Menurut Ade, sebagai warga Negara harus mengetahui dasar dari kemerdekaan, yaitu Pancasila yang lahir pada 1 Juni.  Bung Karno menyampaikan dasar Negara Indonesia ada 5 yaitu di depan Badan Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

“Kalau ada yang ingin mengganti ideologi Pancasila, artinya sama saja ingin merobohkan Republik Indonesia. Jika ada yang menyatakan Pancasila sudah tidak cocok lagi, kita harus berani menegaskan Tidak! Pancasila merupakan satu-satunya ideologi negara,” tegasnya.

Ade menambahkan, Pancasila Ruh Negara Indonesia. “Lihat Timur Tengah bagaimana tentang Suriah, bagaimana tentang negara-negara lain yang dipisahkan antara ideologi negaranya, rakyatnya diadu dan negaranya hancur,” ujarnya.

Ade mengingatkan remaja untuk menghindari dua persoalan, yaitu jangan percaya kepada yang sesat pemikiran terhadap ideologi negara dan tidak mempermasalahkan mengenai suku, agama, ras dan antar golongan dengan sesama anak bangsa.

“Ada pihak yang membungkus politik dengan agama. Mencaci maki pihak yang dianggap berseberangan dengan kepentingan politiknya Jadi sebagai generasi bangsa memahami benar-benar nilai-nilai Pancasila,” tegas Ade.

Wabup berharap para siswa siswi yang tergabung dalam Paskibraka menjadi sukses dengan tetap mempertahankan ideologi Pancasila, untuk menyukseskan visi misi Kabupaten Lebak yang menegaskan terhadap kemajuan pariwisata.

“Wisata Lebak harus terdiri dari kegembiraan, hiburan, religi, budaya dan edukasi,” imbuhnya. (Deddy/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.