Wabah Corona Semakin Meluas, Bupati Lebak Minta Dinkes cegah Penyebarannya

  • Whatsapp
Bupati Lebak
Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lebak mengeluarkan surat edaran nomor No. 440/1367/Kesra/2020 tentang langkah-langkah pencegahan virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Lebak.

Dalam surat edaran tersebut, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengintruksikan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak dan unit pelayanan kesehatan lainnya untuk menetapkan status siaga dalam menghadapi penyebaran Pandemik virus Corona di Kabupaten Lebak.

Bacaan Lainnya

” Mengintruksikan kepada Dinas Kesehatan, dan seluruh fasilitas kesehatan bersama tenaga kesehatannya dalam status siaga menghadapi Pandemik Covid-19 di Kabupaten Lebak,” tulis Bupati Lebak dalam surat edaran yang ditandatangani pada tanggal 13 Maret 2020 lalu.

Dalam surat edaran tersebut, Bupati Lebak juga meminta seluruh Instansi, perkantoran, pengelolaa tempat wisata dan ruang publik untuk menerapkan standar kesehatan maksimum serta upaya pencegahan penyebaran Virus menular tersebut.

” Kami minta seluruh masyarakat Kabupaten Lebak untuk tetap tenang dan berhati-hati dalam menerima informasi, serta tidak menyebarkan informasi bohong atau hoax. Tetap percayakan update informasi melalui instansi resmi Pemda Lebak,” ujarnya.

BACA JUGA:

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Pemkab Lebak Batasi Kegiatan di Ruang Publik

Dampak Corona, Ratusan Buruh Pabrik Sepatu di Lebak Dirumahkan

.Dinkes Minta Puskesmas di Lebak Tingkatkan Kewaspadaan Virus Corona

Sementara itu, menindaklanjuti intruksi Bupati Lebak, Dinkes Lebak juga turut mengeluarkan surat edaran nomor 440/382-Dinkes/III/2020 tentang langkah-langkah pencegahan virus Corona Disease (Covid-19) di Kabupaten Lebak. Dalam surat edaran tersebut, Dinkes mengintruksikan kepada petugas pelayanan kesehatan untuk meningkatkan pengawasan intensif dan pemeriksaan terhadap pasien yang mengalami demam dengan suhu tubuh melebihi 38 Derajat Celcius, dan pasien dengan gejala ISPA berat.

” Jika ada pasien yang mengalami gejala tersebut segera lalukan alur penangangan protap yang berlaku pada buku panduan penanganan Covid-19 yang terbaru dan memeriksa riwayat sakit pasien tersebut,” kata Plt Kepala Dinkes Lebak Triatno Supiono.

Ia juga mengintruksikan kepada petugas pelayanan kesehatan yang berada di Fasilitas Kesehatan tingkat satu yakni Puskesmas dan klinik, untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yakni menggunakan masker saat memberikan pelayanan terhadap pasien.

” Petugas kesehatan harus tetap waspada namun jangan panik. Dan terus melakukan penyuluhan pencegahan virus dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih, dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat,” pungkasnya. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.