Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Banten Dimulai di Kota Serang

oleh -
Ilustrasi - Pemberian vaksin Covid-19 bagi tenega kesehatan.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Dinas Kesehatan Provinsi Banten tengah memulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk orang lanjut usia (Lansia) dari kalangan masyarakat umum. Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia akan dimulai di Kota Serang pada Rabu (24/2/2021) hari ini.

“Untuk nakes (tenaga kesehatan) Lansia sudah. Besok (hari ini) termin satu untuk (vaksinasi) Lansia dari masyarakat secara umum,” kata Gubernur Banten, Wahidin Halim didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti di Kota Serang, Selasa (23/2/2021).

Wahidin mengatakan, untuk termin pertama vakinasi COVID-19 untuk kalangan Lansia tersebut akan dimulai dari Kota Serang. Ini sesuai arahan dari pemerintah pusat, vakinasi yang dimulai pada Februari 2021 ini, harus dimulai dari ibukota provinsi.

“Februari ini dimulai dari Kota Serang. Setelah Februari ini selesai, bulan Maret dan selanjutnnya untuk daerah lainnya,” kata Wahidin.

BACA JUGA: Dinkes Banten Gelar Tes Cepat COVID-19 di Klaster Bencana Banjir di Tangerang

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti mengakui pada termin satu vaksinasi diprioritaskan bagi lansia di Kota Serang. Pihaknya sudah memperoleh data dari Kota Serang ada sekitar 2.300 lansia yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19.

“Namun yang sudah daftar ulang baru 300-an. Setelah Februari selesai, bulan Maret nanti baru di daerah lainnya,” kata Ati.

Ati mengakui banyak lansia dari daerah lain di Banten yang ingin cepat divaksin, tapi karena arahan dari pusatnya untuk Februari 2021 dikhususkan untuk Kota Serang.

“Kalau kemarin lansia nakes, sekarang masyarakat lansia secara umum. Pendaftarannya tetap online. Nanti tetap ada proses screening di lokasi vaksin,” kata Ati.

Pihaknya akan melakukan pengecekan mulai status kesehatan sampai fisik lansia sebelum menjalani vaksinasi. Tujuannya untuk mengetahui apakah kondisinya memungkinkan atau tidak memungkinkan untuk divaksin.(ANT/DIFA)