Usai Dinonaktifkan, Bawaslu Pandeglang Bakal Evaluasi Semua Panwascam

  • Whatsapp
panwascam
Ketua BAwaslu Pandeglang, Ade Mulyadi.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pandeglang, Banten, akan mengaktifkan lagi fungsi Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) pada 15 Juni nanti. Sebab Pilkada serentak rencananya bakal digelar pada Desember 2020 mendatang.

Sebelumnya, sejak adanya pandemi covid-19, hingga beberapa bulan ini, Panwascam di Pandeglang dinonaktifkan. Karena pelaksanaan Pilkada serentak yang sebelumnya akan dilaksanakan tanggal 23 September, diundur sehingga berimbas pada ditundanya tahapan Pilkada.

Bacaan Lainnya

Ketua Bawaslu Pandeglang, Ade Mulyadi mengatakan, karena tahapan Pilkada akan mulai dijalankan lagi, maka mulai 15 Juni ini fungsi Panwascam di semua kecamatan di Pandeglang akan diaktifkan lagi.

“Rencananya tanggal 15 bulan ini kami mulai mengaktifkan kembali fungsi Panwascam. Karena tahapan Pilkada akan mulai berjalan lagi,” ungkapnya, Jumat (12/6/2020).

Dikatakannya, sebelum diaktifkan kembali, pihaknya akan melakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap semua anggota Panwascam di Pandeglang. Sebab khawatir, selama dinonaktifkan mereka ada yang berafiliasi terhadap salah satu pasangan bakal calon bupati, pindah domisili atau memiliki pekerjaan lain yang lokasinya di luar Pandeglang.

“Tentu kami akan evaluasi dulu,” katanya.

Saat ditanya langkah apa yang akan dilakukan jika ada anggota Panwascam yang berafiliasi kepada salah satu pasangan bakal calon bupati, Ade mengaku, pihaknya akan memberhentikan anggota Panwascam tersebut. Karena Panwas tidak boleh menjadi tim sukses atau dukung mendukung terhadap salah satu pasangan bakal calon.

“Jika memang ditemukan ada anggota Panwascam yang masuk partai politik atau menjadi tim sukses pasangan bakal calon, tentu kami akan ambil sikap. Yaitu akan dilakukan PAW (pergantian antar waktu),” ujarnya.

Terpisah, salah seorang komisioner Panwascam Cikedal, Asrori mengaku, sesuai informasi yang didapatnya pada tanggal 15 Juni nanti, Panwascam akan diaktifkan kembali. “Memang sebelumnya sempat tidak aktif, karena adanya pandemi covid-19. Sehingga fungsi Panwascam tidak berjalan, karena tahapan Pilkada juga ada penundaan, tapi informasinya Bawaslu akan mengaktifkan lagi,” tuturnya.

Saat ditanya tahapan apa saja yang akan dilakukan ketika sudah diaktifkan lagi, ia mengaku menunggu arahan dari Bawaslu Pandeglang terkait tahapan yang akan dilaksanakan nanti. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.