Update PSBB Jilid 6 di Tangsel, Kesadaran Masyarakat Untuk Jaga Jarak Masih Rendah

oleh -
Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie.

KOTA TANGSEL, REDAKSI24.COM – Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke 6 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sudah berlangsung 10 hari sejak 13 Juli 2020 lalu. Tetapi, kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19 masih rendah.

Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, evaluasi sementara pelaksanaan PSBB perpanjangan ke 6 ini masih banyak masyarakat yang tidak memakai masker dan berkerumun dengan mengabaikan jaga jarak.

“Sampai saat ini, imbauan jaga jarak di masyarakat masih sulit diterapkan. Mungkin karena sudah jadi budaya masyarakat, sehingga sulit menjaga jarak walaupun hanya satu meter,” katanya, melalui keterangan tertulisnya Rabu (22/7/2020).

Karena masih banyaknya masyarakat yang belum patuh, lanjut Ben, pihaknya belum mengizinkan masyarakat untuk menggelar pesta pernikahan dan lainnya.

BACA JUGA: PSBB Diperpanjang Lagi, Pemkot Tangsel Ajukan Pelonggaran Ojol Hingga Hajatan

“Karena sampai saat ini sekolah saja masih kita tutup, masa pesta pernikahan boleh. Kita khawatir aktivitas kerumunan ini akan menjadi kluster penularan virus baru. Jadi lebih baik kita mencegah dengan melarangnya,” ungkap Ben.

Dalam memaksimalkan himbauan protokol kesehatan, Pemkot Tangsel memberdayakan RT, RW lantaran dianggap mempunyai peran besar. “Karena mereka ini yang berada di lingkungan terdekat masyarakat hingga lingkungan terkecil. Sehingga sosialisasi yang dilakukan dapat diterima langsung oleh masyarakat,” pungkasnya.

Anggota Satuan Tugas Covid-19 Kota Tangsel, Suharno mengatakan, saat ini tingkat kepatuhan masyarakat terhadap PSBB perpanjangan ke 6 mencapai 85,8 persen. Berarti masih ada 4,2 persen lagi masyarakat yang belum patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19.

“Sedangkan untuk angka reproduksi efektif setelah adanya penanganan kasus Covid-19 atau Rt sudah di bawah satu yakni 0,24 persen,” pungkasnya. (wvyh/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.