Update Covid-19 di Lebak, OTG Tembus 315 Orang Tersebar di 21 Kecamatan

  • Whatsapp
Data Covid-19 Lebak.

LEBAK,  REDAKSI24.COM – Jumlah kasus Orang Tampa Gejala (OTG)  di Kabupaten Lebak mengalami kenaikan yang cukup drastis dalam satu pekan ini. Hingga Selasa (16/6/2020) tercatat sebanyak 315 orang yang berstatus OTG, karena dipicu dengan meningkatnya kasus Covid-19 di daerah tersebut.

Berdasarkan  informasi  yang dihimpun, ratusan OTG atau orang yang memiliki resiko tertular Covid-19 karena telah melakukan kontak erat dengan pasien positif  Covid-19  tersebar di 21 Kecamatan di Kabupaten Lebak. 

Bacaan Lainnya

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lebak  Dr.  Firman Rahmatullah  mengatakan,  keberadaan  ratusan OTG ini diketahui saat pihaknya melakukan  tracking terhadap ke 17 pasien positif  Covid-19  di Kabupaten  Lebak.  

“Saya suka kalo semakin banyak OTG berarti kita semakin bisa memutus rantai penularan, karena OTG itu adalah orang yang pernah kontak erat bukan orang  positif,” kata Firman ketika dihubungi  Redaksi24.com melalui telepon  selulernya, Selasa (16/6/2020).

Ia mendetail,  dari 315 OTG, 60 orang diantaranya  dinyatakan  aman,  sementara 255 orang lainnya masih dalam pengawasan.  OTG diketahui didominasi oleh warga Lebak dengan rentan usia dewasa yakni umur 19 sampai 59 tahun yang berjumlah 261 orang,  anak-anak dibawah umur 18 tahun berjumlah 30, dan lansia diatas umur 60 tahun berjumlah 24 orang. 

Lanjutnya,  ke 315 OTG ini telah mengikuti swab test yang dilakukan tim gugus tugas  dan akan menjalani isolasi mandiri hingga hasil swab test keluar. Dan mendapatkan pengawasan dari Tim gugus tugas.

“Mereka dianjurkan untuk tetap dirumah, menjalani isolasi mandiri, hingga hasil swab keluar,” kata Firman.  .

Dalam kesempatan  tersebut , dirinya meminta agar masyarakat  ikut terlibat dalam pencegahan  penyebaran virus Covid-19  dengan tetap mengikuti anjuran pemerintah,  mematuhi protokol  kesehatan, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.  

“Rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak 1-2 meter dan memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Ini upaya-upaya kita bersama melindungi dan mencegah penularan Covid-19,” pungkasnya.  

 Untuk diketahui, jumlah pasien positif  Covid-19  di Kabupaten  Lebak ini per tanggal 15 Juni 2020 berjumlah 17 pasein,  15 pasien masih dalam tahap pengawasan,  1 pasien dinyatakan sembuh,  dan 1 pasien meninggal dunia. 

Jumlah OTG sebanyak 315 orang,  60 dinyatakan aman,  255 orang lainnya  masih dalam pengawasan. Jumlah ODP sebanyak 570 orang,  dengan 535 dinyatakan  aman,  35 orang lainnya masih dalam pemantauan.  Dan untuk PDP berjumlah 43 orang,  21 orang nyatakan aman,  13 masih dalam pengawasan dan 9 orang meninggal.(Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.