Untuk Penerbitan HAC, KKP Bandara Soetta Siapkan Sistem Digital

  • Whatsapp
Situasi di Bandara Soekarno Hatta.

BANDARA, REDAKSI24.COM – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tengah mempersiapkam sistem penerbitan Health Card (HAC) berbasis digital. Pasalnya, kepemilikan HAC tersebut merupakan syarat mutlak bagi calon penumpang penerbangan domestik

Menurut Kepala KKP Kelas I Bandara Soetta, dr Anas Ma’ruf, sistem penerbitan e-HAC yang akan dilakukan secara terintegrasi dengan sistem pemeriksaan dokumen perjalanan dan dokumen kesehatan secara online itu saat ini dalam proses simulasi.

Bacaan Lainnya

“Kita sudah punya sistem penerbitan elektronik health alert card (HAC) jadi nanti terintegrasi dengan yang dikembangkan oleh Angkasa Pura II. Prinsipnya kita bersama-sama saling mendukung,” kata Anas Rabu (3/6/2020) malam.

Anas menyebut setelah sistem digitalasasi ini diterapkan, maka tidak ada lagi clearance atau penerbitan HAC manual. “Sisstem Ini untuk memudahkan calon penumpang. Tapi tetap kita awasi dengan ketat. Sistem ini nantinya akan dijalankan bersama-sama,” ujar Anas.

Dia mengaku untuk prosedurnya sendiri akan menyesuaikan dengan sistem yang ada. “Prinsipnya dari sistem yang sudah sekarang didigitalisasikan,” katanya.

Anas menambahkan pihaknya juga tengah menunggu panduan era new normal dari Kementerian Perhubungan. “Sambil menunggu panduan new normal dari Kemenhub, apa yang dibuat oleh Angkasa Pura II kita dukung dan bersama-sama sebagai tim,” tukasnya.

Sementara itu Executive General Manager Bandara Soetta, Agus Haryadi mengatakan, salah satu solusi untuk memaksimalkan pengawasan calon penumpang dan penerapan physical distancing adalah digitalisasi.

“Solusinya adalah dengan teknologi seperti digitalisasi. Seperti apa yang kemarin sudah kita coba dan insha Allah sedikit lagi akan dapat dijalankan,” tuturnya. (Iqbal/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.