Ucuy Masyuri Menjadi Plt Ketua DPRD Lebak Gantikan Didin Nurohmat Yang Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Plt ketua dprd lebak
Plt Ketua DPRD Lebak, Ucuy Masyuri (kiri).

KABUPATEN LEBAK,  REDAKSI24.COM – Pimpinan DPRD lebak menunjuk  Wakil Ketua DPRD Lebak, Ucuy Mashuri, untuk menjadi pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRD Kabupaten Lebak.  Ucuy ditunjuk untuk mengemban tugas sementara menggantikan Ketua DPRD Lebak Dindin Nurohmat  yang meninggal dunia. 

Sekretaris DPRD Lebak, Fin Rian mengatakan,  penunjukan Plt dilakukan melalui proses rapat pimpinan untuk mengisi kekosongan kursi ketua DPRD lebak yang ditinggal Dindin Nurohmat meninggal dunia.

Bacaan Lainnya

Penunjukan tersebut, kata dia, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 12 tahun 2018, tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

“Sesuai PP apabila ketua dewan berhalangan, mengundurkan diri atau meninggal dunia,  maka Pimpinan DPRD akan menunjuk salah satu wakil ketua DPRD untuk menjadi Plt sampai terpilihnya ketua definitif,” kata Fian ketila dihubungi Redaksi24.com, Sabtu (12/9/2020).

BACA JUGA: Ketua DPRD Lebak Meninggal Mendadak di Hotel Kawasan Serpong Tangerang Selatan

Dikatakannya,  Ucuy akan menjadi Plt Ketua DPRD Lebak hingga terpilihnya ketua definitif yang diajukan oleh Fraksi Gerindra. Katanya,  selain mencarikan ketua Definitif  menggantikan ketua DPRD Lebak Didin Nurohmat, Gerindrai juga akan melakukan Penggantian Antar Waktu (PAW) terhadap kursi anggota DPRD  Lebak yang saat ini kosong satu kursi. 

PAW tersebut, kata dia, nantinya akan menunjuk anggota dari Partai Gerindra yang nomer urutnya di bawah Dindin Nurohmat, dan dalam dapil yang sama. Selanjutnya,  proses PAW akan dilakukan verifikasi dan validasi oleh KPU Lebak, dan ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK)  Gubernur Banten dan Bupati Lebak.

“Jadi ada dua PAW yang pertama PAW ketua DPRD dan yang kedua PAW anggota DPRD, karena saat ini satu kursi Gerindra tengah kosong. Yang seharusnya 10 orang,  namun karena Dindin meninggal, maka kosong 1 jadi 9 kursi,” kata Fian. 

Ia mengatakan,  jika Fraksi Gerindra sudah memutuskan siapa pengganti Ketua DPRD dan anggota,  maka pihaknya akan segera menindaklanjuti  untuk segera menetapkan melalui Surat Keputusan (SK)  Gubernur Banten dan Bupati Lebak.

“Lama prosesnya sendiri sesuai dengan kecepatan  dari pihak partai dalam memutuskan pengganti Dindin Nurohmat  ini, ” ujarnya. 

BACA JUGA: Hampir Setahun Menjabat, DPRD Lebak Belum Satupun Cetak Perda

Sementara itu,  Ucuy Masyuri mengatakan,  dirinya yang saat ini mengemban tugas sebagai Plt Ketua DPRD Lebak  akan siap melanjutkan tugas dan perjuangan Ketua DPRD Sebelumnya,  Dindin Nurohmat. 

“Sementara kita akan selesaikan pembahasan sampai penetapan RAPBD Perubahan 2020,” pungkasnya (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.