Ubah Pola Tanam, Petani Pandeglang Disarankan Tanam Palawija

oleh -
Kepala Bidang Pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang,, Nasir M Daud.

REDAKSI24.COM – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pandeglang, Banten meminta kepada para petani untuk mengubah pola tanam pada musim kemarau ini. Petani disarankan mengubah tanam padi ke palawija, Tujuannya, agar petani tidak mengalami kerugian besar.

Kepala Bidang Pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, Nasir M Daud mengingatkan, jika petani tetap memaksakan menanam padi, dikhawatirkan nantinya mengalami gagal panen, atau produksi padi tidak akan bagus.

“Rata-rata area pesawahan di Pandeglang tadah hujan. Makanya kalau musim kemarau jangan tanam padi, harus ganti dengan tanaman palawija,” ungkap Nasir, melalui sambungan telpon selulernya, Sabtu (10/8/2019).

BACA JUGA:

. Kekeringan Meluas, Ribuan Hektar Padi di Banten Terancam Puso

. AP3D Bangun Kesadaran Perlindungan Kerja Lewat Seminar

. Di Pandeglang, Warga Berebut Air Bantuan

Menurutnya, jika lahan pertaniannya yang kekurangan air, jangan sampai memaksakan untuk tanam padi. Lebih baik tanam kedelai, kacang-kacangan serta tanaman lain selain padi.

“Kalau tanaman selain padi pada musim kemarau seperti ini, kemungkinan rugi tidak terlalu besar,” katanya.

Selain itu lanjut Nasir, para petani juga diharapkan ikut asuransi usahan tani. Karena ketika terjadi gagal panen bisa diklaim dan bisa mendapatkan ganti rugi dari pemerintah.

“Kami rasa sangat perlu para petani menjadi peserta asuransi usaha tani, untuk antisipasi gagal panen” jelasnya.(Samsul/Difa)