Tunggakan BPJS Kesehatan ke RSUD Berkah Pandeglang Sisa Rp5 Miliar

  • Whatsapp
tunggakan bpjs kesehatan
Komisi IV DPRD Pandeglang menggelar hearing dengan BPJS Kesehatan dan Manajemen RSUD Berkah yerkait tunggakan klaim BPJS Kesehatan.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Komisi IV DPRD Pandeglang, Banten, kembali melakukan pemanggilan terhadap Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Kesehatan dan Diretur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang, Senin (2/12/2019).

Pemanggilan terhadap kedua lembaga pelayanan kesehatan tersebut, berkaitan dengan utang klaim BPJS Kesehatan kepada RSUD Pandeglang yang nilainya mencapai Rp15 miliar. Tujuan dari Komisi IV DPRD melakukan pemanggilan kedua pihak itu, untuk menanyakan sejauh mana penyelesaian persoalan tunggakan klaim BPJS tersebut.

Bacaan Lainnya

“Ini sangat penting, karena menyangkut pelayanan kesehatan masyarakat Pandeglang,” kata Kerua Komisi IV DPRD Pandeglang, Habibi Arafat.

Dia mengatakan, pihaknya melakukan pemanggilan yang kedua kalinya terhadap BPJS Kesehatan dan RSUD Berkah Pandeglang, untuk mempertanyakan keseriusan terhadap kedua lembaga itu berkaitan dengan tunggakan klaim BJPS Kesehatan.

“Saat pemanggilan awal, pihak BPJS Kesehatan berjanji akan menempuh mencari dana talangan untuk menyelesaikan tunggakan itu. Maka hari ini kami mempertanyakan sudah sejauhmana progresnya,” ungkap Habibi.

BACA JUGA:

. Soal Tunggakan BPJS Kesehatan, Bupati Pandeglang Masih Cari Dana Talangan

. Soal Tunggakan Rp12 Miliar, Direktur RSUD dan BPJS Pandeglang Dicecar Dewan

. Soal Tunggakan BPJS Kesehatan, Pemkab Pandeglang Sulit Gunakan SCF

Menurutnya, sekarang ini pemerintah sudah menyiapkan regulasi untuk pinjaman dana dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Tinggal keberanian pihak BPJS Kesehatan dalam mencari dana talangan tersebut.

“Berdasarkan hasil pertemuan tadi, sebelum mencari dana talangan, pihak BPJS Kesehatan sudah membayarkan sebagian tunggakan klaim ke RSUD Berkah Pandeglang,” katanya.

Anggota DPRD dari Fraksi Golkar itu mengaku, akan terus mengawal persoalan tunggakan klaim BPJS Kesehatan tersebut sampai benar-benar selesai. Karena hal itu menyangkut kepentingan masyarakat Pandeglang. Sebab adanya tunggakan yang mencapai miliaran rupiah itu akan berdampak pada pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

“Tadi juga saya tekankan, persoalan ini harus selesai di akhir bulan ini (Desember). Karena jika tunggakan klaim BPJS kesehatan ini berlarut-larut, akan berdampak pada pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Berkah Pandeglang, Firmansyah mengakui BPJS Kesehatan telah membayar sebagian tunggakan klaim tersebut. Dari tunggakan sebesar Rp15 miliar, yang sudah dibayarkan BPJS Kesehatan sebesar Rp10 miliar.

“Jadi tunggakannya tinggal Rp5 miliar lagi, dan janjinya akhir bulan ini BPJS Kesehatanh akan segera melunasinya,” imbuhnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.