TRUTH Pertanyakan Anggaran ATK Disdukcapil Kabupaten Tangerang Sebesar Rp5,2 Miliar di masa Pandemi

oleh -
TRUTH Pertanyakan Anggaran ATK Disdukcapil Kabupaten Tangerang Sebesar Rp5,2 Miliar di masa Pandemi
Wakil Koordinator Penggiat Tangerang Public Transparancy Watch (TRUTH),Jupry Nuhroho/Ist.

KABUPATEN TANGERANG,REDAKSI24.COM–Wakil Koordinator Penggiat Tangerang Public Transparancy Watch (TRUTH),Jupry Nuhroho  mempertanyakan besarnya penggunaan anggaran belanja alat tulis kantor/Belanja pakai habis di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang pada tahun 2020  yang mencapai Rp5,2 Milyar. Untuk itu Jupry mengaku pihaknya telah mengirimkan surat  permohonan informasi terkait penggunaan anggaran tersebut.

“Saat mengirimkan surat ada hal aneh lagi bagaimana dengan anggaran sebesar itu di Disdukcapil Kabupaten Tangerang, kok mereka tak memiliki tanda terima. Mereka hanya menulis dalam sobekan kertas jika telah menerima surat dari kami,” senyum Jupry.

Menurut Jupri dalam surat yang dikirimkan tersebut, TRUTH ingin mengetahui  untuk apa saja anggaran sebesar tersebut digunakan. Karena dalam kondisi pandemi seperti yang terjadi dimana kerap diterapkannya Work From Home (WFH) nilai anggaran tersebut sangat fantastis, terlebih anggaran itu muncul diakhir periode anggaran 2020 bukan di awal 2020.

“Tentu kami sebagai masyarakat bertanya, untuk apa, ” tanya Jupry.

BACA JUGA: Vaksin Jadi Syarat PTM Bagi Pelajar di Kabupaten Tangerang

Jupry menjelaskan  dari yang dihimpun dari Opentender.net yang dikelola oleh ICW disebutkan jika data Disdukcapil Kabupaten Tangerang tersebut berada di posisi tiga dalam Top 10 pengadaan barang dan jasa yang potensi Fraudnya tinggi dengan indikator warna merah dan nilai 75.

BACA JUGA: Layanan Adminduk di Disdukcapil Kabupaten Tangerang Distop Sementara, Mau Urus KTP Hubungi Nomer Ini

Lanjut Jupry, nilai tersebut didapatkan dari indikator tender dengan nilai 1-5, mulai dari durasi kompetisi dengan nilai 5, deskripsi tender dengan nilai 5, kontrak dengan nilai 4, penghematan 2 , di akhir tahun 4, nama tender 3 dan pemenang berulang 5.

BACA JUGA: Pemohon Membludak, Disdukcapil Minta Penambahan Blangko KTP-el ke Kemendagri

“Lalu anggaran alat tulis kantor/Belanja pakai habis 5,2 untuk apa saja, ” katanya. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang Yeni mengatakan, agar hal tersebut ditanyakan langsung kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.” Itu bisa konfirmasi langsung ke Kepala Dinas, ” katanya.

Saat dimintai konfirmasi, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tidak Safrudin tidak memberikan komen apapun. (Hendra)

 

Caption Foto

 

Wakil Koordinator Penggiat TRUTH Jupry Nugroho terlihat sedang memberikan laporan kepada pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jupry Nugroho.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.