TPST Dengung Lebak Diprediksi Mampu Tampung Sampah Hingga 10 Tahun kedepan

  • Whatsapp
Tempat Pembuangan Sampah
TPST Dengung Lebak

LEBAK, REDAKSI24.COM- Meski volume sampah di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Dengung, Desa Sindangmulya, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak sudah meninggi. Namun tumpukan sampah terlihat rata dengan tanah dan tidak menimbulkan bau.

Itu terjadi, karena pengelolaan sampah di TPST tersebut menggunakan sistem sanitarry landfill atau memusnahkan sampah dengan cara membuang, menumpuk dan memadatkannya di lokasi yang cekung.

Bacaan Lainnya

Kemudian, dibagian atas sampah ditimbun dengan tanah merah, sehingga terlihat rata seperti lapangan bola. “Sebenarnya sampah di TPST ini tingginya sudah mencapai 10 meter. Tapi karena diurug ke tempat yang cekung, kelihatannya masih rata dengan tanah. Bahkan tidak menimbulkan bau,” kata Kepala UPT TPST Dengung, Fariansyah kepada Redaksi24.com, Minggu (6/10/2019).

Dulu kata dia, area lahan TPST ini adalah tebing yang sangat curam. Karena ditumpukin sampah, kini sudah rata seperti lapangan sepak bola,” kata dia.

Dengan kondisi seperti ini, tambahnga, menunjukan bahwa lahan untuk penampungan sampah sudah hampir penuh. Itu terjadi karena lahan TPST yang luasnya sekitar 9,9 hektar dioperasikan sejak tahun 1998 silam.

BACA JUGA:

Taman Multatuli Penuh Sampah, DLH Lebak Kerahkan Tim Saber

Kesadaran Warga Lebak Terhadap Kebersihan Dinilai Rendah

Sementara volume sampah tiap harinya terus meningkat. “Saat ini volume sampah yang dibuang di TPST ini mencapai 50 ton perhari,” kata dia. Meski begitu, kantanya, TPST tersebut masih dapat menampung sampah hingga 10 tahun kedepan.

“Untuk 10 tahun kedepan diprediksi TPST ini masih mampu menampung sampah,” katanya. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.