TPA Bangkonol Terbakar, Irna Minta Warga Tak Sembarangan Bakar Sampah

oleh -
irna tinjau tpa
Bupati Pandeglang, Banten, Irna Narulita meninjau TPA Sampah Bangkonol yang terbakar.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Bupati Pandeglang, Banten, Irna Narulita bersama jajarannya meninjau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bangkonol, di Kecamatan Koroncong, Pandeglang, yang terbakar pada Minggu (10/11/2019).

Dalam tinjauan tersebut, Irna memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak membuang bara api atau membakar sampah secara sembarangan, mengingat cuaca saat ini cukup ekstrim. Menurut Irna, saat ini cuaca kemarau cukup ekstrim, potensi kebakaran sangat tinggi.

Sebab itu, masyarakat tidak boleh sembarangan membuang bara api atau melakukan pembakaran sampah. Khawatir akan menimbulkan dampak buruk. Musim kemarau saat ini, kata dia, suhu panasnya sangat tinggi, dibarengi angin kencang.

“Kondisi seperti ini sangat rentan memicu terjadinya kebakaran, untuk itu warga tidak boleh membuang dan menyalakan api sembarangan,” ungkap Irna.

BACA JUGA:

. Alumni Siswa Paket C di Pandeglang Dilatih Wirausaha

. Bupati Pandeglang Ajak Warga Konsumsi Ikan

. Irna Promosikan Pangan Khas Pandeglang di Kendari

Dikatakannya, pihaknya akan terus berupaya melakukan pemadaman terhadap sampah yang terbakar di TPA Bangkonol. Supaya api tidak merambah ke tempat yang lain. “Kami bersama BPBD Pandeglang dan masyarakat sekitar, masih terus berupaya memadamkan api yang membakar sampah,” katanya.

tpa sampah terbakar
Petugas Damkar berupaya memadamkan api di TPA Sampah Bangkonol, Kecamatan Keroncong, Pandeglang, Banten.

Sementara Kepala BPBD Pandeglang, Surya Dharmawan menuturkan, pemicu terjadinya kebakaran di TPA tersebut, karena adanya pembakaran sampah dari kebun warga. Namun api merambah ke sampah di TPA, yang pada akhirnya menyebar pada sampah lain di TPA tersebut.

“Pada Sabtu pagi (9/11/2019), ada warga yang sedang membersihkan kebun. Kemudian sampah-sampahnya dia bakar, namun sebelumnya warga berusaha memadamkan api, tapi api tidak bisa dilumpuhkan yang akhirnya merambah ke sampah di TPA,” tuturnya.

Saat ini, pihaknya masih terus berusaha melakukan pemadaman api di TPA Bangkonol, dengan menerjunkan sebanyak 3 unit mobil pemadam kebakaran. “Dari kemarin kami sudah turun, dan dari Dinas Lingkungan Hidup juga sudah turun tangan membantu tim kami memadamkan api. Tidak hanya itu, dari BPBD Provinsi Banten juga turun membantu pemadaman, ” jelasnya.

Diakuinya, proses pemadaman api cukup sulit, karena volume sampah tinggi dan mudah terbakar. “Api di lokasi TPA sulit dipadamkan. Kecuali sampahnya habis atau turun hujan yang cukup besar, namun kami tetap terus berupaya melakukan pemadaman api,” tandasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *