TNI Siap Bantu Pemkab Lebak Pulihkan Infrastruktur Terdampak Banjir Bandang

oleh -
Bantuan Infrastruktur Terdampak Banjir Bandang
TNI siap bantu Pemkab Lebak.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak untuk memulihkan sarana infrastruktur yang rusak akibat banjir bandang dan tanah longsor yang menerjang 6 Kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten.

Hal tersebut disampaikan oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wuryanto saat meninjau posko pengungsian di Depo Pendidikan Latihan dan Pertemuan (Dodiklatpur) Rindam III Siliwangi, Kecamatan Sajira, Jum’at (17/1/2020).

Pangdam mengatakan, salah satu infrastruktur yang menjadi fokus perhatian pihaknya yakni Jembatan. Pasalnya bencana banjir bandang tersebut telah memutuskan 29 jembatan penghubung. Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkab setempat dan juga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

” Dalam pembangunan jembatan bila diperlukan kita akan bantu semampu kita, baik tenaga, fikiran dan peralatan, itupun tidak terlepas dari koordinasi dengan Pemda setempat,” kata Pangdam III/Siliwangi.

Kata Pangdam, pihaknya juga telah melakukan survey ke lokasi jembatan yang terputus.

” Kita sudah survey kelokasi jembatan yang terputus, dari hasil survey itu baru dapat dilihat bagaimana mekanisme pembangunannya, kalau memang perlu di bangun jembatan kita beli, akan tetapi jembatan beli itu maksimalnya hanya 50 Meter,” ujarnya.

BACA JUGA:

Kerugian Infrastruktur Akibat Banjir Bandang di Lebak Capai Rp 56 Milliar

TNI Terjun Ke Lokasi Banjir Bandang Untuk Buka Jalan

Dirinya berharap, masyarakat yang bermukim di zona merah rawan bencana dapat ke tempat yang lebih aman.” Harapannya, bahwa kita semua tau kalau di Banten ini banyak zona- zona merah tentang bencana, untuk itu zona merah tidak lagi di buat pemukiman, dan untuk para korban bencana nantinya akan di relokasi ketempat yang lebih aman dari zona merah tersebut,” pungkasnya.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan Pangdam III/Siliwangi turut meninjau dan menghibur serta memberikan bantuan logistik kepada para pengungsi yang berada di Posko pengungsian Dodiklatpur Rindam III Siliwangi, Kecamatan Sajira. (Yusuf/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.