Tingkatkan Pelayanan Terhadap Pelanggan, Perumdam TKR Kembangkan Sistem CRM

oleh -
Tingkatkan Pelayanan Terhadap Pelanggan, Perumdam TKR Kembangkan Sistem CRM  
Dirut Perumdam TKR Sofyan Sapar (kanan) bersama Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Banten Dedy Irsan.

KABUPATEN TANGERANG,REDAKSI24.COM–Setelah sebelumnya telah memanfaatkan aplikasi Simpel TKR, ternyata diam-diam Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR) Kabupaten Tangerang telah mengembangkan sistem Customer Relationship Management (CRM) atau tata kelola hubungan pelanggan berbasis digital. Dengan kedua terobosan tersebut Perumdam TKR berharap bisa meningkatkan pelayanan terhadap para pelanggannya.

“Kami selalu terus berupaya meningkatkan pelayanan, terlebih sejak memasuki pandemi COVID-19 manajemen melakukan adaptasi perubahan diantaranya pelayanan berbasis daring (online) melalui aplikasi Simpel TKR dan CRM,” ujar Direktur Utama Perumdam TKR Kabupaten Tangerang Sofyan Sapar kepada wartawan, Kamis, (2/9/2021).

Sofyan menjelaskan CRM  sendiri adalah sistem yang mempermudah Perumdam TKR Kabupaten Tangerang dalam mengelola pengaduan dari berbagai kanal, yaitu telepon maupun media sosial yang terpusat di customer service.  Dengan CRM ini lanjut Sofyan mengklaim pihaknya  telah berhasil menyelesaikan pengaduan lebih cepat, terukur, dan terintegrasi.

BACA JUGA: Sah, 20 Ribu Pelanggan Perumdam TKR di 3 Kecamatan Kota Tangerang Diserahkan ke PDAM TB

“Dari Januari hingga hari ini, kami menerima 11.272 pengaduan. Dalam dua hari terakhir saja ada 863 pengaduan, namun hanya tersisa 61 pengaduan saja yang sedang dalam penanganan,” jelasnya.

BACA JUGA: Ombudsman Banten Puji Kinerja Perumdam TKR Terkait Pelayanan Air Bersih ke Masyarakat

Dalam kesempatan itu,Sofyan juga berharap seluruh pelanggan bisa memanfaatkan aplikasi Simpel TKR  yang telah disediakan Perumdam TKR. Melalui aplikasi yang dapat diunduh di Google Playstore dan Apps Store tersebut, pelanggan dapat melihat terlebih dahulu jumlah tagihan rekening, penyampaian pengaduan, termasuk pendaftaran pemasangan sambungan baru. Selain itu lewat  aplikasi Simpel TKR ini pelanggan bisa melakukan lapor meter meter mandiri sehingga angka meter dapat dimonitoring secara bersama-sama oleh pelanggan dan pihak Perumdam TKR.

BACA JUGA: Duh, Banyak Siswa SMKN di Kabupaten Tangerang Tak Hafal Lagu Kebangsaan

Sementara itu Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Banten Dedy Irsan menilai, Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR) Kabupaten Tangerang berhasil mengembangkan manajemen pengaduan pelanggan.

Menurut Dedy keberhasilan tersebut bisa dilihat dari sedikitnya keluhan yang masuk ke Ombudsman Banten karena ribuan keluhan pelanggan yang masuk bisa diselesaikan dengan baik oleh Perumdam TKR.

“Kami (Ombudsman) memberikan penilaian yang objektif. Jika memang sudah baik, harus kami sampaikan baik, dan harus terus ditingkatkan menjadi semakin baik,” ungkap Dedy.

Menurut Dedy, pengelolaan pengaduan sangat penting untuk menjamin kepuasan pelanggan. Ia mendorong Perumdam TKR Kabupaten Tangerang semakin mengefektifkan semua kanal pengaduan yang sudah ada. Terlebih saat ini di era digital, dimana hampir semua pelanggan telah menggunakan saluran daring (online), seperti media sosial dan layanan berbasis aplikasi.

“Tantangannya adalah harus menyediakan sumber daya manusia yang merespon secara cepat semua jenis pengaduan selama 24 jam. Sehingga harus disediakan operator yang bekerja dengan sistem shift,” katanya.

Namun begitu Dedy tetap mendorong Perumdam TKR Kabupaten Tangerang untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanannya dari perusahaan-perusahaan yang jauh lebih baik.

“Meski sudah menjadi PDAM terbaik se-Indonesia dua tahun berturut-turut, Perumdam TKR jangan pernah merasa puas, harus terus belajar dari perusahaan yang lebih baik. Jika perlu belajar dari perusahaan serupa di luar negeri,” imbaunya.(Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.