Tingkatkan Kemampuan Aplikasi Perpajakan, LKP Guna Arga Gelar PKK Pada 50 Warga Usia Produktif

  • Whatsapp
Pelatihan aplikasi perpajakan di LKP Guna Arga,

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM –– Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Guna Arga yang berlokasi di Kawasan Ruko Bisnis Grand Boulevard Citra Raya, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten, mengadakan program Pelatihan Kecakapan Kerja (PKK) kepada 50 warga angkatan usia kerja produktif dari berbagai daerah di Indonesia.

Bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, pelatihan kerja digelar pada bidang pelatihan aplikasi perpajakan Brevet A B. 

Bacaan Lainnya

Salah seorang staf pengajar di LKP Guna Arga, Purbo Gunarto menuturkan, pihaknya sudah rutin  menyelenggarakan PKK pada bidang aplikasi perpajakan sejak tahun 2019 lalu. Pesertanya, yakni angkatan usia kerja produktif antara 15-30 tahun yang direkrut sesuai juknis, salah satunya adalah masyarakat yang tergolong tidak mampu. 

“Tahun 2020 karena ini juga dalam masa Covid, kita MOU-nya agak mepet di bulan Agustus. Kita mengadakan pelatihan di sini, prakteknya segala macam di sini, sampai dengan uji kompetensinya kita menggunakan LSK (Lembaga Sertifikasi Kompetensi),” tutur Purbo kepada Redaksi24.com, Selasa (27/10/2020). 

Lebih jauh ia menjelaskan, pelatihan kerja pada bidang aplikasi perpajakan mulai dari eSPT 1721 dan eFaktur eSPT 1771 tersebut seyogyanya bertujuan untuk meningkatkan skill atau kemampuan seseorang di bidang perpajakan agar mampu melakukan kegiatan administrasi perpajakan secara benar dan tepat. 

BACA JUGA: Diskominfo Kabupaten Tangerang Gelar Pelatihan Aplikasi IMM

“Untuk program PKK tahun lalu sudah ada 50 orang yang kita latih dan saat ini banyak yang sudah bekerja di berbagai perusahaan. Tahun ini ada 50 orang lagi dan di tanggal 7 nanti mereka akan mengikuti sertifikasi,” terangnya 

Ia juga menjelaskan, alasan dipilihnya pelatihan kerja di bidang aplikasi perpajakan tersebut dikarenakan LKP Guna Arga merupakan lembaga pendidikan non formal yang memiliki program unggulan pada bidang perpajakan. Bahkan, lembaga kursus dan pelatihan yang berdiri sejak tahun 2012 itu, merupakan LKP pertama di Indonesia yang memiliki tema pelatihan pada bidang aplikasi perpajakan dan sudah memiliki alumnus lebih dari 1.500 orang. 

“Semua program perpajakan yang ada di DJP (Direktorat Jenderal Pajak) baik eSPT, eFaktur, eSPT PPH Badan, diajarkan di sini. Jadi kita (LKP Guna Arga) merupakan pertama dan satu-satunya LKP dengan tema aplikasi perpajakan,” ujarnya.

BACA JUGA: Kemenkumham Berikan Pelatihan Bertani Pada Warga Binaan Lapas Ciangir

Ia menambahkan, keunggulan lain yang membedakan LKP Guna Arga dengan lembaga kursus pada umumnya yakni semua peserta tercatat pada Daftar Pokok Kependidikan (Dapodik). Tak hanya itu, pada bidang kursus  komputer dan video kreator, pihaknya bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk sertifikat kompetensi para pesertanya. 

“Dari izin kita sudah terakreditasi B, kita (LKP Guna Arga) juga sudah punya NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional). Jadi, walaupun kita sekolah non formal kita sudah punya nomor sekolahnya,” tukasnya (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar