Tingkatkan Ekonomi Warga, Diskan Pandeglang Salurkan Bantuan 100 Ribu Benih Ikan

  • Whatsapp
diskan pandeglang
Kepala Dinas Perikanan Pandeglang, Suaedi Kurdiatna saat menyerahkan bantuan benih ikan nila.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Pandeglang, Banten, menyalurkan sebanyak 100 ribu benih ikan nila kepada 22 kelompok budidaya ikan air tawar di 4 kecamatan daerah itu. Bantuan benih ikan nila ditujukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang tergabung dalam kelompok budidaya ikan air tawar.

Penyaluran bantuan benih ikan nila tersebut, langsung dilakukan Kepala Dinas Perikanan Pandeglang, Suaedi Kurdiatna kepada para kelompok budidaya ikan air tawar di Koperasi Alam Bahari di Tegalpapak, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (26/6/2020).

Bacaan Lainnya

Suaedi Kurdiatna mengatakan, bantuan yang disalurkan hari ini (Jumat, red) kepada sebanyak 22 kelompok budidaya ikan air tawar, adalah sebanyak 100 ribu ekor benih ikan air tawar jenis nila. Diakatakannya, bantuan tersebut salah satu upaya dalam meningkatkan ekonomi warga, dan untuk memenuhi kebutuhan dasar para kelompok budidaya ikan tersebut.

“Melalui bantuan ini masyarakat bisa lebih diberdayakan melalui kelompok budidaya ikan air tawar. Selain itu juga, dengan bantuan benih ikan itu ekonomi para kelompok budidaya bisa lebih meningkat,” ungkapnya.

Menurutnya, saat musim pandemi covid-19, pihaknya memahami atas kondisi yang dialami warga atau kelompok budidaya ikan tersebut. Karena di tengah pandemi covid-19, ekonomi maayarakat mengalami penurunan.

“Sebab itu, melalui bantuan benih ikan mereka bisa punya aktivitas dan bisa menghasilkan nilai ekonomia juga nantinya,” katanya.

Diskan pandeglang
Kepala Dinas Perikanan Pandeglang, Suaedi Kurdiatna saat foto bersama dengan para kelompok budidaya ikan.

Sejauh ini, lanjut Suaedi, tercatat sejak beberapa bulan terakhir ini, pihaknya sudah sebanyak 5 kali menurunkan bantuan benih ikan air tawar, mulai dari ikan lele, ikan emas dan nila dengan jumlah kelompok penerima secara keseluruhan lebih dari 50 kelompok, dengan jumlah benih dan induk ikan  mencapai ratusan ribu benih.

“Selain menurunkan bantuan, kami juga memberikan pembinaan kepada para kelompok budidaya ikan agar mampu menjalankan budidaya dengan baik. Sehingga kegiatan bisa berkelanjutan,” ujarnya.

Selain itu, tambah Kadis, pihaknya juga akan memfasilitasi pemasarannya ketika para kelompok mengalami kesulitan dalam memasarkan hasil panen budidaya ikannya. “Saya berharap agar para kelompok bisa menjalankan kegiatan budidayanya dengan baik, supaya hasilnya maksimal dan bisa mensejahterakan anggota kelompok,” harapnya.

Diskan Pandeglang
Kepala Dinas Perikanan Pandeglang, Suaedi Kurdiatna saat menerima benih ikan nila dari BBI Sukabumi, Jawa Barat.

Di tempat yang sama, Ketua Koperasi Alam Bahari, Didi mengaku, untuk saat ini bantuan benih ikan air tawar yang diterima yaitu benih ikan nila sebanyak 50 ribu ekor dan ikan emas sebanyak 50 ribu ekor, jadi secara keseluruhan bantuan benih ikan sebanyak 100 ribu ekor untuk 22 kelompok.

“Kami sangat berterimakasih kepada Bupati Pandeglang, Irna Narulita dan Kepala Dinas Peeikanan, Suaedi Kurdiatna yang telah memberikan bantuan benih ikan kepada kami,” tuturnya.

Senada dikatakan Ade, seorang kelompok budidaya ikan air tawar dari Pokdakan Cikadu, Kecamatan Cibitung, ia mengaku berterimakasi kepada Pemkab Pandeglang, melalui Dinas Perikanan yang telah memberikan bantuan benih ikan.

“Melalui bantuan benih ikan ini, mudah-mudahan kelompok budidaya yang kami kelola bisa lebih meningkat lagi,” harapnya. (ADVERTORIAL)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.