Tiga Orang Pedagang di Pasar Lebak Dinyatakan Reaktif Covid-19

  • Whatsapp
Rapit test Covid-19.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Pasca ditetapkannya dua warga Lebak yang terkonfirmasi positif Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak menggelar rapid test massal terhadap ribuan masyarakat di 10 Kecamatan di Kabupaten Lebak. Hasil dari pemeriksaan tersebut, 3 orang diantaranya dinyatakan reaktif Covid-19.

Rapid test itu dilaksanakan pada 31 Mei 2020 lalu di beberapa titik keramaian, seperti Stasiun Maja, Pasar Kecamatan Malimping, Pasar Bayah, Cibeber, Cijaku, Panggarangan, Cilograng, Cigemblong, Pasar Ikan Wannasalam, dan Kampung Cipunaga, Desa Cihara, Kecamatan Cihara.

Bacaan Lainnya

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lebak, Dr. Firman Rahmatullah, Selasa (2/6/2020) mengatakan, dari 2.520 warga yang mengikuti rapid test, 3 orang dantaranya reaktif Covid-19. Mereka adalah, satu orang warga Cigemblong dan dua orang warga Maja.

Ketiganya tambah dia, merupakan pedagang yang setiap hari berjualan di Pasar Cigemblong dan Maja. Selanjutnya kata Firman, sebagai upaya antisipasi, pihaknya telah melakukan swab test dengan mengambil cairan tenggorokan dan hidung ketiga orang tersebut.

“Selama menunggu hasil swab test, mereka akan menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing ,” katanya.

Ia menegaskan, reaktif rapid test tidak dapat langsung mendiagnosa bahwa orang yang bersangkutan positif Covid-19. Untuk itu, dirinya meminta masyarakat untuk tetap tenang, namun tetap waspada dengan selalu memerhatikan protokol kesehatan.

“Kalau reaktif Rapid Test ini juga kami hanya sarankan untuk isolasi mandiri saja. Yang reaktif belum tentu juga positif. Jadi masyarakat tetap tenang tapi waspada,” pungkasnya. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.