Tidak Ada Penindakan Terhadap Industri Pencemar Lingkungan, Anggota DPRD : Pemkab Tangerang Jangan Bodohi Diri Sendiri

oleh -
Tidak Ada Penindakan Terhadap Industri Pencemar Lingkungan, Anggota DPRD : Pemkab Tangerang Jangan Bodohi Diri Sendiri
Anggota DPRD, Komisi IV Kabupaten Tangerang, Deden Umar Dani/ Derry.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM –  Anggota DPRD, Komisi IV Kabupaten Tangerang, Deden Umar Dani soroti tidak adanya penindakan tegas kepada pelaku industri yang terbukti telah mencemari lingkungan di wilayah Kabupaten Tangerang.

Dikatakan Deden, kasus pencemaran seperti yang terjadi di aliran sungai Cikupa dan kali Cirarab Pasar Kemis, hingga saat ini pemerintah Kabupaten Tangerang hanya sebatas terjun kelapangan melakukan uji lab tanpa ada penindakan tegas kepada pelaku industri. Padahal dari banyak kasus pencemaran limbah beracun tersebut bisa  mengancam kesehatan masyarakat.

BACA JUGA: Pemkab Tangerang Dinilai Melegalkan Pencemaran Lingkungan

“Kalau sudah keluar hasil lab dan terbukti ada limbah beracun, sudah sampai disitu saja tanpa penindakan, padahal kan jelas jenis zat nya apa tinggal disesuaikan itu bersumber dari pabrik yang produksi apa, jangan sampai seperti membodohi diri sendiri,” tegas Deden, Selasa, (22/3/2022).

BACA JUGA: Ini Langkah Pemkab dan DPRD Kabupaten Tangerang Untuk Memulihkan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19

Deden mengatakan dengan tidak adanya penindakan tegas ini maka bisa membuat orang menduga adanya main mata antara pelaku industri dengan pemkab Tangerang dalam hal ini DLHK. Padahal jika tugas dan fungsi di jalankan dengan semestinya, kata Deden seharusnya tidak ada kendala dalam menindak para pelaku industri nakal tersebut.

BACA JUGA: Terkait Polemik SMAN 9 Kabupaten Tangerang dengan Warga, KCD: Sudah Ada Kesepakatan

“Seharusnya, dimanapun ketika aturannya mereka langgar, DLHK lakukan tindakan tegas, jangan sampai hanya berani melakukan itu ke pedagang kaki lima, terhadap hal yang jauh lebih besar melanggar, kita malah diam. akhirnya kita mengabaikan keadilan kepada masyarakat,” ujar Deden.

Deden mengungkap diperalihan tugas dirinya dari Komisi II menjadi Komisi IV yang dimana salah satu tugasnya berkaitan dengan masalah lingkungan, dalam waktu dekat ini, kata Deden dirinya akan segera terjun kelapangan untuk mencari bahan permasalahan dalam memutuskan langkah apa yang akan diambil terkait pencemaran limbah.

“Baik kawan di OPD maupun kami, hidup dan bekerja ini kan untuk masyarakat, tujuannya bagaimana memberikan perlindungan terhadap masyarakat. Nah ini harus sampai tuntas dicek siapa penyebab pencemaran nya dan harus ditindak tegas,” tandasnya. (Derry/Hendra)