Terpapar dari Pemudik OTG, Bocah Covid-19 Pandeglang Hanya Diisolasi di Rumah

  • Whatsapp
bocah covid-19
Ilustrasi - Bocah berusia 6 tahun di Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Banten terpapar covid-19 dari seorang pemudik OTG asal Jakarta.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Bocah berusia 6 tahun yang dinyatakan positif covid-19 di Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Banten, saat ini hanya menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Alasannya bocah tersebut masuk katagori Orang Tanpa Gejala (OTG) covid-19.

“Selain itu masih anak-anak, sehingga tidak diisolasi ke rumah sakit,” kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Pandeglang, Dr Achmad Sulaeman, Senin (8/6/2020)

Bacaan Lainnya

Meski begitu, kata Sulaeman, keluarga bocah tersebut, khususnya kedua orangtuanya tetap harus menjaga jarak. Jika orang tuanya akan melakukan kontak dengan bocah tersebut, disarankan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD).

“Orangtuanya juga sudah mengerti ketika akan kontak langsung dengan si bocah,” katanya.

Saat ditanya bagaimana gejala awalnya sehingga bocah tersebut bisa dinyatakan positif covid-19, Sulaeman mengungkapkan, mulanya bocah itu kontak langsung dengan pemudik yang datang dari zona merah Covid-19.

Belakangan, pemudik asal Jakarta itu berstatus OTG yang diketahui positif Covid-19. Si pemudik tersebut kembali ke Jakarta dan masuk data positif covid-19 di Jakarta. Mengetahui itu, tim gugus tugas penanganan covid-19 Kabupaten Pandeglang kemudian melakukan tes swab kepada keluarga si bocah.

“Ternyata hasilnya si bocah positif (Covid-19), dan tanpa gejala. Sekarang si bocah harus menjalani isolasi mandiri di rumahnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Sulaeman mengatakan, pihaknya akan melakukan rapid test terhadap anggota keluarga si bocah dan warga lain yang sebelumnya sempat kontak dengan si bocah maupun si pemudik.

“Rapid test utnuk mencegah penyebaran lokal covid-19 di lingkungan itu, umumnya di Pandeglang. Jika nanti ada yang reaktif, akan langsung dilakukan test swab,” tuturnya.

Sampai saat ini, kata dia, tim medis Puskesmas Kaduhejo juga terus melakukan pemantauan terhadap perkembangan kesehatan si bocah covid-19 tersebut. Tim medis Puskemas juga terus berupaya untuk mencegah terjadinya transmisi lokal penyebaran covid-19 di Kecamatan Kaduhejo.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Suryadi belum bisa dikonfirmasi. Suryadi belum merespon pesan maupun sambungan telepon yang disampaikan wartawan yang hendak meminta keterangan terkait bocah covid-19 tersebut.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.