Terkait Kelanjutan Pinjaman ke PT SMI, Pimpinan DPRD Minta Pandangan Fraksi dan Masyarakat

oleh -
DPRD Banten, Pemprov Banten, PT SMI, Nawa Said Dimyati, PinjamanDaerah, PEN,
Wakil Ketua DPRD Banten, M. Nawa Said Dimyati.

SERANG,REDAKSI24.COM– Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten M. Nawa Said Dimyati mengatakan saat ini unsur pimpinan dewan tengah meminta pendapat dari tiap-tiap fraksi di DPRD Banten serta masyarakat terkait kelanjutan kesepakatan pinjaman daerah kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Menurut politisi Partai Demokrat ini hal tersebut dilakukan agar pimpinan DPRD Banten mendapatkan saran dari masyarakat secara luas,  sehingga bisa memberikan masukan yang terukur, konstruktif kepada Pemerintah Provinsi Banten untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat

“Kalau diibaratkan Pemprov Banten sudah terkena ‘Jebakan Batman’. akibat adanya kerjasama pinjaman daerah dengan PT SMI dalam program pemulihan ekonomi Nasional (PEN). Dan sekarang kita bersama-sama harus mencari solusi agar terhindar dari masalah nantinya,’ ujar pria yang akrab disapa Cak Nawa ini.

Cak Nawa menjelaskan kenapa dirinya mengatakan Pemprov Banten terkena Jebakan Batman, karena  pinjaman dari PT SMI tersebut sudah masuk di APBD 2020 dan 2021.Bedanya di tahun 2021 ada keputusan menteri keuangan, yaitu yang sebelumnya pinjaman tersebut tanpa bunga kemudian jadi ada bunga. dan bunga inilah yang menjadi masalah karena jika tetap diambil bunga yang ada akan membebani keuangan daerah sedangkan jika tak diambil telah banyak program pembangunan yang telah dianggarkan dengan  dana yang berasal dari pinjaman PT SMI tersebut. 

BACA JUGA: Pengamat : Pinjaman PT SMI Diambil, Pemprov Banten Bisa Dicatat Sebagai Provinsi Tukang Utang 

“Terkait dengan perubahan tersebut, Pemprov meminta pendapat DPRD, apakah pinjaman tersebut akan di lanjut kan secara keseluruhan, di revisi sebagian atau dibatalkan,” jelas Cak Nawa. 

BACA JUGA: Aktivis Lingkungan Dorong Pemprov Banten Serius Urus Situ

Menurut Cak nawa, jika saran dari masing-masing fraksi dan masyarakat telah terkumpul, pihaknya berencana akan menyampaikan pendapatnya  dan disampaikan kepada Gubernur setelah mendengar penjelasan langsung dari TAPD Pemprov Banten

“Insyaallah hari selasa pekan depan, pimpinan DPRD akan menyampaikan pendapatnya  dan disampaikan kepada Gubernur setelah mendengar penjelasan langsung dari TAPD Pemprov Banten,” pungkasnya. (Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.