Terdampak Covid-19, Sedikitnya 6000 Karyawan di Kota Tangerang di Rumahkan

  • Whatsapp
Aksi buruh dalam peringatan Mayday di Kebon Besar, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM – Sedikitnya 6000 karyawan di Kota Tangerang di rumahkan karena dampak mewabahnya virus corona (Covid-19). Hal itu dibenarkan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang.

“Ya, semenjak pandemi Covid-19, ada 6000 lebih karyawan di Kota Tangerang yang di rumahkan,” kata Sekertaris Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Sri Soeprapti kepada Redaksi24.com Jumat (1/5/2020).

Bacaan Lainnya

Namun, kata Soeprapti, data yang diterima pihaknya belum menyeluruh. Karena tidak semua perusahaan melaporkan persoalan tersebut. “Data 6000 orang di rumahkan itu belum semuanya. Karena di Bandara Soekarno Hatta juga banyak perusahan yang tidak beroprasi dan karyawannya di rumahkan, tapi belum lapor,” kata dia.

Soeprapti juga mengharapkan agar permasalahan tersebut segera dilaporkan. Tujuannya untuk mendata jumlah pengganguran di Kota Tangerang. “Transparansi sangat penting. Supaya peningkatan angka pengangguran di Kota Tangerang diketahui” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Hubungan Industrial Disnaker Kota Tangerang, Asep Rahmat mengatakan, data karyawan yang terkena PHK diperlukan untuk diajukan agar mereka mendapat kartu anggota Pra-Kerja yang digagas Pemerintah Pusat. Sehingga nantinya mereka mendapat bantuan.

BACA JUGA:

Ratusan Buruh Demo Ke DPR-RI Tolak Omnibus Law

Adapun perusahaan yang PHK karyawannya secara besar- besaran di Kota Tangerang yaitu, PT Shyang Yao Fung. Sebanyak 2500 Karyawan di PHK karena perusahaan itu tidak lagi beroprasi lantaran terdampa Covid-19.

“Iya sebanyak 2500 karyawan di perusahaan itu di PHK,” ujar Wakil Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Tangerang Hardiansyah.

Dia menjelaslan selain PT.Shyang Yao Fung, terdapat 48 peruhahaan lainnya di Kota Tangerang yang mem-PHK karyawannya. Namun dari perusahaan-perusahaan itu, yang paling banyak mem-PHK kartayawannya, PT.Shyang Yao Fung .(Iqbal/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.