Terdampak Covid-19, Belasan Proyek Jembatan dan Jalan di Pandeglang Ditunda

  • Whatsapp
Proyek DPUPR Pandeglang
Kepala DPUPR Pandeglang Asep Rahmat.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Sebanyak 11 paket kegiatan atau proyek pembangunan fisik yang sudah masuk tahap lelang yang didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) terpaksa harus ditunda. Ditundanya pelaksanaan belasan proyek fisik itu, terjadi akibat dampak wabah corona virus disease atau covid-19.

Dari ke 11 kegiatan fisik yang ditunda tersebut diantaranya, pembangunan jalan sebanyak 6 paket, jembatan sebanyak 2 paket, irigasi 2 paket dan pembangunan rumah dinas Dandim 0601 Pandeglang, dengan jumlah anggaran secara keseluruhan sebesar Rp36 miliar.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pandeglang, Asep Rahmat mengakui, untuk proyek fisik yang didanai DAK 2020 ada penundaan. Penundaan proyek fisik itu, menurut Asep, berdasarkan Surat Edaran  (SE) Sekretaris Daerah Pandeglang Nomor: 900/900.BPKD/IV/2020 tentang penundaan sementara kegiatan pembangunan tahun 2020.

“Karena sudah ada SE-nya, jadi pelaksanaan proyek-proyek DAK tersebut ditunda,” ungkapnya, Minggu (19/4/2020).

Dikatakannya, belasan kegiatan tender yang ditunda itu sudah masuk tahapan lelang. Namun karena adanya wabah covid-19, akhirnya ditunda dan anggarannya dialihkan ke penanggulangan covid-19.

“Jumlah anggaran untuk belasan kegiatan fisik yang ditunda itu sebesar Rp36 miliar,” katanya.

Selain sejumlah kegiatan tender yang terpaksa ditunda karena terdampak covid-19, kemungkinan besar untuk kegiatan proyek dengan Penunjukan Langsung (PL) juga terkena imbas covid-19.

“Yang tender memang sudah pasti ditunda. Tapi kemungkinan kegiatan PL juga ditunda pembayarannya, meskipun sudah ter-SPK-kan (surat perintah kerja),” ujarnya.

Lanjut Asep, namun ada kegiatan fisik yang tidak terkena imbas dari dampak covid-19 tersebut yaitu kegiatan Mal Pelayanan Publik (MPP) dengan jumlah kegiatan sebanyak 3 item, diantaranya penataan halaman, penataan interior dan pengadaan genset, dengan jumlah anggaran secara keseluruhan sebesar Rp6,3 miliar.

“Kalau kegiatan MPP tidak terkena imbas, karena sumber anggarannya dari DID (Dana Insentif Daerah) Pandeglang. Ditambah kegiatannya saat ini sedang berjalan,” tuturnya.

BACA JUGA:

. Warga Empat Kecamatan di Pandeglang Jalani Karantina Mandiri

. Anggota DPRD Pandeglang Sisihkan Gaji Bantu Warga Terdampak Covid-19

. Desa di Pandeglang Wajib Alokasikan Dana Bagi Warga Terdampak Covid-19

Selain di DPUPR Pandeglang, sejumlah kegiatan fisik di dinas lainnya di Pandeglang juga terkena imbas covid-19. Seperti diakui Kepala Dinas Kelautan Pandeglang, Suaedi Kurdiatna, untuk kegiatan yang didanai dari DAK dilakukan penundaan.

“Iya benar suratnya sudah terbit, namun jenis-jenis kegiatannya yang bakal ditunda itu belum diketahui,” tandasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.