Terbitkan Perwal, Pemkot Serang Bakal Tertibkan Parkir

  • Whatsapp
Perwal parkir kota serang
KAbag Hukum Pemkot Serang, Subagyo.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Untuk menggejot Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Kota (Pemkot) Serang berencana akan menambah lokasi parkir, khususnya area perkantoran. Nantinya, penambahan area parkir tersebut diatur dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) Serang yang segera diterbitkan.

Perwal tersebut juga akan dijadikan sebagai dasar hukum bagi Pemkot Serang untuk melakukan penertiban parkir-parkir liar yang selama ini tersebar hampir di seluruh kawasan Kota Serang. Parkir liar juga menimbulkan kesemrawutan lalulintas serta meresahkan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Kasubag Hukum Pemkot Serang, Subagyo mengatakan, untuk pengelolaan retribusi parkir Pemkot Serang sedang menyusun Raperda tentang pengelolaan perparkiran. Namun karena pembahasannya masih lama, menurut dia, pihaknya menerbitkan Perwal terlebih dahulu sebagai langkah awal pengelolaan perparkiran.

“Draft Reperda dan Perwal materinya hampir sama, akhirnya kami pakai Perwal dulu,” katanya kepada wartawan di Puspemkot Serang, Senin (29/6/2020).

Subagyo melanjutkan, dalam Perwal nanti berkaitan dengan lokasi parkir.  Sebab dimungkinkan akan ada revisi titik parkir dari Dishub Kota Serang, serta mendata titik parkir yang selama ini belum terdata alias liar.

“Seperti parkir perkantoran, sebelumnya tidak menyebut perkantoran secara umum,” imbuhnya.

Subagyo melanjutkan, Perwal juga mengatur penyeragaman pajak parkir. Selama ini, kata dia, tarif maupun pajak parkir di setiap titik parker berbeda, seperti di rumah sakit dengan di mal.

“Penyeragaman tarif parkir juga agar tidak ada pihak ketiga yang mengenakan tarif parkir semaunya,” jelas Subagyo seraya menyebut sesuai undang-undang pajak, daerah boleh mengenakan pajak parkir sebesar 30 persen.

“Di Perda lama pajak parkir 20 persen, ada keinginan untuk menaikan 25 sampai 30 persen,” tegasnya.

Dikatakan Subagyo, dalam Perwal nanti juga akan dibahas mekanisme perizinan tentang pemberian izin pengelola parkir di Kota Serang.  Karena selama Pemkot Serang tidak pernah dilibatkan dalam pengelolaan parkir yang dikelola pihak ketiga.

Sementara itu, Kepala UPTD Sarana dan Prasarana Perhubungan Dishub Kota Serang, Ahmad Yani mengungkapkan, nantinya akan ada titik parkir khusus, selain di bahu jalan seperti yang banyak tersebar di sejumlah kawasan saat ini.

“Penambahan titik lokasi parkir khusus seperti di perkantoran aset pemerintah, sekolah, rumah sakit yang memang ada pelayanan publik. Misal di kantor Disdukcapil dan lainnya,” tandasnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.