Terbengkalai, Balai Benih Ikan Tawar Cikoromoy Pandeglang Jadi Sarang Kelelawar

  • Whatsapp
BBIT cikoromoy Pandeglang
Kawasan Balai Besar Ikan Air Tawar Cikoromoy, Pandeglang, sudah 5 tahun dibiarkan terbengkalai.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Mungkin ini yang dinamakan pembangunan tanpa perencanaan matang. Lihat saja Balai Benih Ikan Tawar (BBIT) Cikoromoy Desa Kadubungbang, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, sudah lebih dari 5 tahun sejak dibangun, hingga kini tidak terpakai alias mubazir.

Pantauan Redaksi24.com, bangunan BBIT yang berdiri di atas lahan seluas dua hektar lebih itu, tidak berfungsi sesuai rencana awal. Bangunan akuarium ikan hias terlihat kumuh, banyak kelelawar yang bersarang di atapnya.

Bacaan Lainnya

Kondisinya tidak terawat. Lantainya kotor dan kumuh. Terlihat juga kerusakan di beberapa sudut bangunan, seperti dinding retak serta plafon atap yang terbuat dari triplek, nampak rusak dan lapuk.

Bahkan selama kurun waktu itu, BBIT yang berdampingan dengan objek wisata Cikoromoy itu, tidak pernah menyumbangkan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pandeglang.

Mulanya, Gedung BBIT tersebut dibangun khusus untuk pembudidayaan ikan hias. Namun entah kenapa setelah selesai dibangun justru tidak ada aktivitas. Selama bertahun-tahun BBIT tidak pernah dimanfaatkan sesuai rencananya, bahkan akhirnya dibiarkan terbengkalai.

Kepala Dinas Perikanan Pandeglang, Suaedi Kurdiatna mengaku prihatin dengan terbengkalainya bangunan BBIT. Dia berencana bakal memungsikan kembali balai ikan air tawar itu.

“BBIT punya potensi cukup besar untuk menyumbangkan PAD, bsia dikelola menjadi wisata ikan air tawar,” ungkapnya, Rabu (24/6/2020).

Suaedi juga menjanjikan upaya perbaikan bangunan BBIT menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK). Untuk itu, ia bersama konsultan turun langsung untuk memperkirakan anggaran yang dibutuhkan.

“Tentunya tidak bisa sekaligus, kami akan menata secara bertahap. Untuk tahap awal mungkin penataan bangunan akuarium,” katanya.

Sementara itu, Kepala BBIT Cikoromoy yang menaungi BBIT Cikoromoy, Aan mengakui, BBIT Cikoromoy sudah lama tidak berfungsi. Namun sejak 2019 lalu, pihaknya mulai memanfaatkan kolam-kolam di kawasan itu untuk budidaya ikan air tawar.

“Pertama ke sini (BBIT Cikoromoy) kondisinya kumuh seperti hutan belantara,” tandasnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.