Terapkan Protokol Kesehatan, Pasar Rangkasbitung Sediakan Bilik Disinfektan

  • Whatsapp
Pasar Rangkasbitung Sediakan Bilik Disinfektan.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Meningkatnya jumlah  kasus positif  Covid-19  di Kabupaten  Lebak,  berbagai upaya  terus dilakukan  Pemerintah Kabupaten  (Pemkab)  Lebak melalui stakeholder dengan cara menerapkan  protokol  kesehatan  di setiap pelayanan publik.  Salah satunya  di Pasar Rangkasbitung.

Pasar Rangkasbitung  yang menjadi titik keramaian  masyarakat, menerapkan  protokol  kesehatan  dengan menyediakan bilik disinfektan  atau yang disebut bilik sterilisasi  di pintu masuk utama pasar Rangkasbitung. 

Bacaan Lainnya

Kabid Pasar Disperindag Lebak, Dedi Setiawan mengatakan,  setiap pedagang maupun pembeli wajib melewati bilik tersebut ketika hendak memasuki area pasar. Katanya,  selain dipintu utama,  pihaknya juga akan menyediakan satu bilik sterilisasi  lagi di pintu masuk kendaraan roda empat. 

“Salah satu upaya yang kita lakukan adalah dengan menyediakan  bilik sterilisasi.  Hal itu untuk memastikan setiap pedagang maupun pembeli bebas dari covid-19, ” kata Dedi kepada Redaksi24.com, Senin (22/6/2020).

Dedi menjelaskan, protokol  kesehatan lainnya yang diterapkan  di area pasar Rangkasbitung  yakni menyediakan tempat cuci tangan di beberapa titik,  penyemprotan  desinfektan,  dan juga mewajibkan para pedagang maupun pembeli di area pasar untuk memakai masker. 

Hal tersebut, kata dia,  juga diterapkan  di 10 pasar Tradisional lainnya yang tersebar 28 Kecamatan di Kabupaten  Lebak.  Kesebelas pasar tersebut diketahui merupakan pasar yang dikelola langsung oleh Pemkab Lebak. 

“Penyemprotan  disinfektan  terus kita lakukan, minimal 1 kali dalam 2 hari.  Kita juga telah membagikan masker kepada para pedagang,  dan terus mengimbau kepada pedagang ataupun pembeli untuk menjaga jarak,  dan menggunakan  masker, ” katanya. 

Ia mengungkapkan,  aktivitas di pasar Rangkasbitung  sendiri telah mulai berlangsung normal,  semenjak ditayangkannya kebijakan new normal. Namun,  dirinya berharap dengan kembalinya aktivitas di pasar Rangkasbitung,  masyarakat  maupun pedagang dapat memperhatikan protokol  kesehatan guna memutus rantai penyebaran Covid-19. 

“Protokol kesehatan harus dipatuhi, tetap menggunakan masker, dan jaga jarak ketika beraktivitas  di area pasar.  Namun ketika merasa kurang sehat jangan dulu beraktivitas  ke pasar,” imbaunya. 

Kusnadi (38) warga Kecamatan Cibadak,  Kabupaten  Lebak, mengatakan, sebelum memasuki area pasar,  dirinya diarahkan terlebih dahulu  memasuki bilik sterilisasi oleh petugas. “Ya, tadi diarahkan masuk melewati bilik sterilisasi oleh petugas,” pungkasnya. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.