Tempati Gedung Baru, KI Banten Pastikan Transparansi Informasi Publik

  • Whatsapp
komisi informasi banten, informasi publik, kantor baru, gedung negara, pemprov banten,
Komisioner KI Banten.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Komisi Informasi (KI) Banten menempati kantor baru di Gedung Negara Provinsi Banten, Jalan Brigjen KH Syam’un Nomor. 5 Kota Baru Kota Serang. Sebelumnya, berkantor di Jalan Raya Petir-Serang KM. 3, Banjarsari Kecamatan Cipocok Jaya.

Ketua KI Banten, Hilman mengatakan, pada November 2020 Gubernur Banten Wahidin Halim memberikan arahan agar pihaknya mengisi Gedung Negara sebagai kantor KI Banten.

Bacaan Lainnya

“Kami mengapresiasi arahan Gubenur Banten, pada akhirnya kami memiliki gedung sendiri dan memiliki nilai historis yang luar biasa,” ujar Hilman kepada wartawan, Senin (4/1/2021).

Wakil Ketua KI Banten, Toni Anwar Mahmud menyebutkan, pada 2020 KI Banten memasuki usia ke 10 sebagai pelopor dan pendorong keterbukaan informasi di Banten. Awal berdirinya KI pada 2011-2015, periode kedua 2015-2019 dan saat ini periode ketiga untuk 2019-2023.

BACA JUGA: Komisioner KI Banten Diminta Tidak Berhenti Ditengah Jalan

“Pada tahun ke 10 KI Banten ingin memastikan penatakelolaan kertebukaan informasi publik di Banten semakin baik. Salah satu indikatornya kemudahakan akses informasi publik bagi masyarakat,” katanya.

Demkiian halnya bagi badan publik, dia berharap untuk lebih taat dan patuh terhadap UU nomor 14 tahun 2008 dan putusan KI Banten ketimbang mengedepankan upaya hukum lainnya. Sementara substansi permohonan itu sendiri, lanjutnya, merupakan kategori informasi publik yang wajib diumumkan.

Toni juga mengingatkan Provinsi Banten merupakan provinsi kelima di Indonesia yang memiliki Komisi Informasi. Banten juga Provinsi pertama Indonesia yang memiliki Peraturan Daerah tata kelola keterbukaan informasi publik Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Tata Kelola Keterbukaan Informasi Publik Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. (Irfan/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.