Tekan Kehamilan Ibu Saat Covid-19, DP3AKB Kota Serang Bagikan 1.000 Kondom

  • Whatsapp
ibu hamil kota serang
Ilustrasi - Selama adan anjuran stay at home jumlah ibu hamil di Kota Serang meingkat.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM –  Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang, membagikan 1.000 kondom atau alat kontrasepsi kepada pasangan suami istri (Pasutri) di ibu kota Provinsi Banten tersebut.

Pembagian alat kontrasepsi gratis itu ditujukan untuk menekan angka kehamilan ibu yang meningkat drastis selama adanya anjuran stay at home pandemi covid-19. Selama masa pandemi covid-19, banyak Pasutri yang betah di rumah. Kondisi itu rupanya memicu meningkatnya angka kehamilan ibu.

Diketahui, angka kehamilan di Kota Serang meningkat 10 persen. Pada Maret terdapat 1.730 ibu hamil. Jumlahnya meningkat pada bulan April menjadi 2.066 orang.

Tidak hanya itu jumlah yang berkunjung ke Puskesmas untuk pengecekan kehamilan pun meningkat. Pada bulan Maret tercatat sebanyak 935 orang, meningkat menjadi 1.228 orang pada bulan April.

Kepala DP3AKB Kota Serang, Toyalis mengakui, pembagian 1.000 kondom untuk menekan angka kehamilan. Sebab, kata dia, pada massa pandemi covid-19, masyarakat lebih banyak di rumah.

“Program KB memang untuk menjaga jarak kehamilan, menekan angka kehamilan dan merencanakan, kehamilan. Kebetulan karena pandemi covid-19 banyak yang tinggal di rumah, jadi wajar jumlah kehamilan meningkat,” katanya kepada wartawan di Kota Serang, Selasa (23/6/2020).

Sasaran pembagian kondom itu, sambung Toyalis, untuk pasangan usia subur yang sudah berkelaurga.  Mereka akan mendapatkan alat kontrasepsi gratis dari Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di setiap kelurahan.

Menurut Toyalis, selain kondom, ada juga pil KB atau KB suntik sebagai pilihan bagi pasangan berkeluarga untuk menjaga kehamilan selama masa pandemic covid-19. “Jadi pembagian alat kontrasepsi tidak dihambur. Sasarannya sudah jelas pasangan berkeluarga,” tandasnya.(Adi/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.