Tarian Kolosal Semarakkan MTQ Emas Kabupaten Tangerang

oleh -
MTQ Kab Tangerang
Pembukaan MTQ ke 50.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM –– Pembukaan MTQ ke 50 Tingkat Kabupaten Tangerang di Kecamatan Pasar Kemis, Senin malam (4/10/2019), dibuka dengan penampilan spektakuler tari kolosal bernuansa islami yang dibawakan oleh 250 siswa SMP Negeri 3 Pasar Kemis.

Tarian dengan judul ‘Mengayom Ruatan Menuju Tangerang Gemilang’ itu cukup memukau para tamu yang hadir pada serambi utama MTQ, tak terkecuali Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang didampingi oleh wakilnya Mad Romli, beserta Sekda Kabupaten Tangerang Mochammad Maesyal Rasyid.

Pantauan Redaksi24.com di lokasi, tari kolosal yang menceritakan tentang kekhusyuan umat muslim dalam memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa itu, diawali dengan gerakan teatrikal para penari yang menengadahkan tangan ke atas layaknya sedang berdoa.

Dibalut dengan musik bernuansa arabian, ratusan penari yang merupakan para siswa kelas 7 SMP itu tampil serempak dengan gerakan tangan yang cukup kompak mengiringi 6 penari wanita yang menjadi simbol dalam rukun iman.

Sementara itu, diatas panggung utama nampak dua orang penari sufi dengan gerakan tari yang memutar mengikuti irama musik membuat suasana islami terasa sangat kental di bumi Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang.

“Ada simbol dalam setiap gerakannya yakni sebuah doa kepada Tuhan untuk menuju Tangerang yang gemilang,” tutur Sugeng Hartmoko, Guru pembimbing sekaligus ketua tim tari kolosal siswa SMPN 3 Pasar Kemis kepada redaksi24.com

Sugeng melanjutkan, butuh waktu sekitar satu bulan untuk melatih ratusan anak agar bisa tampil serempak pada pembukaan MTQ ke 50 Kabupaten Tangerang tersebut. Kata dia, meski terlihat mudah namun butuh waktu yang tidak sebentar untuk membuat setiap gerakannya terlihat kompak.

“Satu gerakan bisa tiga kali latihan, karena yang susah itu mengompakan gerakan meski terlihat simpel,” terang Sugeng.

Ia menambahkan, soal penataan kostum pihak sekolah bekerja sama dengan para orang tua murid dalam menentukan konsepnya agar tampak seragam. Kata dia, dengan menyelipkan unsur tradisional kostum para penari tetap menonjolkan sisi kearifan lokal meski para penari wanitanya berbalut hijab.

“Kita beri sarung dengan motif batik, ada beberapa kostum dari salah satu daerah juga, ini menunjukan bahwa Kabupaten Tangerang memang memiliki sisi kearifan lokal,” terangnya.

BACA JUGA:

Komedian Daus Mini Meriahkan Pawai Ta’aruf MTQ ke 50 Tingkat Kabupaten Tangerang

Pada MTQ Emas Kabupaten Tangerang Harus Lahirkan Kafilah Berprestasi Gemilang

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP N 3 Pasar Kemis, Agus Soni Sobari mengaku bangga atas penampilan para siswanya. Kata dia, hal itu merupakan kesempatan yang sangat berharga, terlebih Pasar Kemis menjadi tuan rumah dalam ajang bergengsi tahunan para kafilah di Kabupaten Tangerang tersebut.

“Sekolah mau ikut mensukseskan MTQ Emas ini, kita tampilkan bagaimana nuansa religius diterapkan pada tari kolosal yang bernuansa islami,” tandasnya. (RICKY/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *